Contoh Kata Pengantar Praktikum

  • Whatsapp
Contoh Kata Pengantar Praktikum
Contoh kata pengantar laporan praktikum dalam bahasa Indonesia

Contoh kata pengantar laporan praktikum dan kata pengantar makalah fisika biologi dan kimia dalam bahasa Indonesia Sesuai KBBI. Berikut ini admin ingin berbagi artikel mengenai Contoh Kata Pengantar Lapora Praktikum.

Menulis Laporan Praktikum memang diwajibkan bagi siswa dan mahasiswa, Ada banyak jenis dan Format Penulisan Laporan Praktikum pada masing masing sekolah dan Universitas. Jenis-jenis Penulisan Laporan Praktikum sangat berbeda tergantung Sekolah dan Universitas Kalian. Ada yang Harus di ketik, ada yang harus di tulis tangan manual.

Pengertian dan Fungsi Kata Pengantar

Jika di tinjau dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Kata Pengantar atau Kata Pendahuluan merupakan keterangan berupa uraian atau sejenisnya yang berfungsi sebagai pengantar suatu karya tulis dan biasanya terletak di bagian awal suatu karya tulis tersebut.

Adapun Fungsi dari Kata Pengantar sendiri yaitu sebagai pemberi gambaran umum (Generalisai) atas karya tulis yang ditampilkan. Tidak Hanya itu, Kata Pengantar juga dapat berfungsi sebagai tempat bagi pengarang untuk menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang telah membantunya dalam proses penyusunan karya tulis yang dia buat.

4 Contoh Kata Pengatar Praktikum

Berikut kami sajikan 4 Contoh Kata Pengantar Laporan Praktikum, anda dapat mencontohnya dan mengeditnya:

1. Contoh Kata Pengantar Praktikum Pertama

Kata Pengantar

Segala puji bagi Allah SWT tuhan semesta alam, kepadanya kami bersyukur atas segala rahmat dan karunia yang diberikan, sehingga Laporan Praktikum Fisika menentukan Titik berat ini bisa terselesaikan dengan baik. Adapun laporan ini kami susun sebagai bagian dari tugas mata kuliah Fisika Dasar. (Kalian bisa edit sesuai mata kuliah kalian masing-masing)

Dalam penyusunan laporan ini, kami mengucapkan terimaksih sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu sehingga Laporan Praktikum ini dapat terselesaikan. Adapun pihak-pihak tersebut antara lain:

  1. Bapak Rahmat Solaemansyur, S.Pd selaku dosen pengampu mata kuliah Fisika Dasar.
  2. Ibuk Ultha Windara Eka Wardani, S.Pd Selaku dosen pengampu mata kuliah Fisika Dasar.
  3. Seluruh petugas laboratorium Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi.
  4. Orang tua, sahabat, kerabat, dan pihak-pihak lainnya yang tidak bisa penyusun sebutkan satu persatu.

Kami selaku penyusun menyadari bahwa laporan praktikum ini masih jauh dikatakan sempurna. Untuk itu, kami menerima kritik dan saran yang membangung dari pembaca sekalian, agar kedepannya Laporan Praktikum ini dapat disempurnakan. Semoga laporan praktikum ini bermanfaat untuk kita semua.

Jambi, 18 Mei 2019

Tim Penyusun

2. Contoh Kata Pengantar Praktikum Ke-dua

Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT atas segala rahmat dan karunia-Nya yang telah diberikan kepada kita semua, sehingga penyusun bisa menyelesaikan Laporan Praktikum Kimia ini. Adapun tujuan disusunnya laporan Praktikum ini adalah sebagai syarat untuk memenuhi tugas mata kuliah kimia.

Tersusunnya laporan ini tentu bukan karena buah kerja keras kami semata, melainkan juga atas bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu, kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut membantu dalam menyelesaikan laporan praktikum ini, diantaranya:

  1. Bapak Rahmat Solaemansyur, S.Pd selaku dosen pengampu mata kuliah Kimia Dasar.
  2. Ibuk Ultha Windara Eka Wardani, S.Pd Selaku dosen pengampu mata kuliah Kimia Dasar.
  3. Seluruh petugas laboratorium Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi.
  4. Orang tua, sahabat, kerabat, dan pihak-pihak lainnya yang tidak bisa penyusun sebutkan satu persatu.

Kami selaku penyusun menyadari bahwa laporan ini belum bisa dikatakan sempurna. Untuk itu, kami menerima kritik dan saran yang membangung dari pembaca sekalian, agar kedepannya Laporan Praktikum ini dapat disempurnakan. Semoga laporan praktikum ini bermanfaat untuk kita semua.

Jambi, 18 Mei 2019

Tim Penyusun

3. Contoh Kata Pengantar Praktikum Ke-tiga

Kata Pengantar

Segala puji dan syukur tidak henti-hentinya kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat, nikmat dan anugerah-Nya sehingga Laporan Praktikum Fisika ini dapat terselesaikan dengan baik, meski jauh dari kata sempurna.

Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan terlibat dalam proses pembuatan Laporan Praktikum Fisika ini, terkhusus kepada:

  1. Bapak Rahmat Solaemansyur, S.Pd selaku dosen pengampu mata kuliah Kimia Dasar.
  2. Ibuk Ultha Windara Eka Wardani, S.Pd Selaku dosen pengampu mata kuliah Kimia Dasar.
  3. Seluruh petugas laboratorium Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi.
  4. Orang tua, sahabat, kerabat, dan pihak-pihak lainnya yang tidak bisa penyusun sebutkan satu persatu.

Demikianlah Laporan Praktikum Fisika Dasar kami buat dengan sepenuh hati. Tidak lupa kritik dan saran kami harapkan agar kedepannya laporan ini dapat menjadi lebih baik lagi. Semoga laporan ini bisa bermanfaat bagi semua dan terkhusus bagi selaku penulis. Terima Kasih.

Jambi, 18 Mei 2019

Penyusun

4. Contoh Kata Pengantar Praktikum Ke-empat

KATA PENGANTAR

Puja dan puji syukur senantiasa kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan segala nikmat dan karunia-Nya kepada kita semua sehingga laporan Praktikum Kimia dengan Judul Laporan Praktikum Pembuatan Es Krim ini dapat diselesaikan sesuai dengan rencana dan waktu yang ditargetkan.

Laporan Praktikum yang singkat dan sederhana ini sengaja kami susun dalam rangka memenuhi tuntutan serta tugas dari Mata kuliah Kimia Dasar. Laporan ini tentu saja tidak akan selesai jika tanpa adanya bantuan serta dukungan dari berbagai pihak. Maka dari itu, kami mengucapkan banyak terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:

  1. Allah SWT yang telah memberikan kekuasaan serta ridhoNya kepada kami, mulai dari rangkaian acara study tour hingga pembuatan laporan ini sampai selesai.
  2. Bapak Rahmat Solaemansyur, S.Pd selaku dosen pengampu mata kuliah Kimia Dasar.
  3. Ibuk Ultha Windara Eka Wardani, S.Pd Selaku dosen pengampu mata kuliah Kimia Dasar.
  4. Seluruh petugas laboratorium Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi.
  5. Kedua orang tua yang senantiasa memberikan doa dan dukungannya baik secara moril ataupun material kepada saya, sehingga saya bisa mengenyam pendidikan yang terbaik.
  6. Seluruh teman-teman dari Kelas Kimia Reguler 2015 Universitas Jambi serta semua pihak lainnya yang tentunya tidak dapat kami sebut satu per satu yang juga ikut mendukung kami serta memberikan motivasi dan dukungan kepada kami.

Tentu saja tidak ada gading yang tidak retak. Demikian pula dengan laporan praktikum kami. Dengan sepenuhnya, penulis menyadari bahwa laporan ini masih sangat jauh dari kesempurnaan sekalipun sudah dikerjakan oleh banyak orang. Maka dari itu, semua bentuk kritik dan saran yang membantun sangat kami harapkan dan tentu saja akan kami terima dengan senang hati. Dengan begitu, akan menjadi suatu pelajaran berharga untuk kami supaya bisa menulis laporan yang lebih baik lagi di kemudian hari.

Semoga laporan praktikum ini bisa memberikan manfaat untuk semua pembaca dan bisa membantu meningkatkan pendidikan bangsa Indonesia.

Jambi, 18 Mei 2019

Tim Penyusun

Kesimpulan

Demikianlah beberapa contoh kata pengantar laporan praktikum dalam bahasa Indonesia yang menurut kami baik dan benar. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan pembaca sekalian, baik itu di ranah bahasan kata pengantar khususnya, maupun ranah bahasa Indonesia pada umumnya.

FAQ

Apa Itu Kata Pengantar?

Kata pengantar adalah halaman atau bagian pada sebuah karya ilmiah ataupun populer yang berisikan ucapan syukur dan rasa terima kasih penulis. Biasanya, kata pengantar selalu diletakan pada bagian awal makalah.

Apa Tujuan Penulisan Kata Pengantar?

Peletakan itu bertujuan agar pembaca mengetahui bahwa dalam menyelesaikan makalah tersebut, penulis atau tim penyusunnya telah melalui banyak hal dan ada pula beberapa pihak yang membantu penyusunan makalah tersebut.

Apa Saja Struktur Kata Pengantar?

Struktur kata pengantar terbagi menjadi tiga bagian, yakni pembukaan, isi, dan penutup. Masing-masing bagian memiliki fungsi dan ciri khas tersendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *