Aquades dan Manfaatnya

  • Whatsapp
Kegunaan aquades dan kriterianya
Aquades manfaat dan jenisnya

Aquades atau aquadest adalah air mineral yang telah diproses dengan cara destilasi, banyak manfaat dari aquades atau aquadest ini – Aquades adalah air mineral yang telah diproses dengan cara destilasi (disuling) sehingga diperoleh air murni (H2O) yang bebas mineral. Kalau ditinjau dari namanya, aquades terdiri dari dua kata yaitu (aqua dan destila). Aqua artinya air, destila artinya penyulingan. Jadi ari ini adalah air mineral hasil penyulingan.

Apa Itu Aquadest?

Aquades adalah air mineral yang telah diproses dengan cara destilasi (disuling) sehingga diperoleh air murni (H2O) yang bebas mineral.

Metode Apa Yang Digunakan Untuk Memperoleh Aquades?

Metode yang digunakan untuk memperoleh aquadest adalah destilasi (penyulingan). Pernah dengankan isitilah Destilasi? ya istilah ini menunjukan proses pemisahan suatu campuran kimia menjadi komponen-komponennya penyusunnya dengan cara dipanaskan hingga mencapai titik didihnya, kemudian uapnya didinginkan hingga menjadi cair kembali.

Ada Berapa Macam Aquades itu?

Aquades ada 3 macam, yakni:
1. Aquadest (Aqua Destilata)
2. Aquabidest (Aqua Bidestilata)
3. Aquademin (Aqua Demineralisata)

Metode yang digunakan untuk memperoleh aquadest adalah destilasi (penyulingan). Pernah dengankan isitilah Destilasi? ya istilah ini menunjukan proses pemisahan suatu campuran kimia menjadi komponen-komponennya penyusunnya dengan cara dipanaskan hingga mencapai titik didihnya, kemudian uapnya didinginkan hingga menjadi cair kembali. ada juga yang mengartikan lain, dimana Proses distilasi ini adalah suatu proses pemisahan bahan kimia menurut dari perbedaan kecepatan yang menguap atau volatilitas, yaitu dengan teknik pemisahan berdasar dengan perbedaan titik didih dalam kegunannya untuk mendapatkan senyawa murni.

Mengapa harus ada proses penyulingan atau disuling? Penyulingan disini bertujuan untuk menghilangkan kandungan mineral dalam air, sehingga diperoleh air yang murni. Air aquadest merupakan air dari hasil penyulingan atau biasa disebut dengan proses distilasi atau biasa juga disebut dengan air murni. selain itu, Aquadest yang biasanya dinamakan dengan aquadest ini bukanlah suatu air yang mudah ditemui, karena harga yang diberikan mahal dan hanya dipergunakan pada suatu atau bahkan beberapa hal khusus pada khususnya kegiatan praktikum kimia, maka dari itu, aquadest tak mudah dan tidak sembarangan untuk bisa didapatkan.

Manfaat dan kegunaan aquades

1. Sebagai bahan pencuci alat-alat laboratorium

Aquades di laboratorium digunakan untuk mencuci alat-alat gelas di laboratorium bekas praktikum/penelitian. Kita ketahui bersama bahwa alat-alat gelas digunakan untuk mencampurkan berbagai macam bahan kimia. Membersihkannya tentu diperlukan bahan yang baik dan dapat membersihkan alat gelas secara sempurna. Aquades yang merupakan air murni sangat cocok digunakan untuk membersihkan alat-alat tersebut.

Air aquades sebagai cairan pembersih dari berbagai macam alat-alat laboratorium yang sudah digunakan untuk melakukan penelitian, praktik, analisis kadar konsentrasi suatu senyawa dan lain sebagainya. Hal ini sudah tentu tak lagi asing jika aquades menjadi alat yang seringkali dihubungkan dengan peralatan kimia.

2. Sebagai pelarut

Selain digunakan untuk mencuci alat, aquadest juga digunakan sebagai pelarut bahan-bahan kimia padatan/serbuk yang akan dibuat menjadi larutan. Hampir sebagian besar larutan dibuat menggunakan aquades. Hal ini disebabkan aquades merupakan pelarut yang universal (umum) dan kebanyakan bahan-bahan kimia padat/serbuk larut dalam air sehingga sangat cocok dengan aquades.

3. Digunakan dalam industri

Penggunaan aquadest juga banyak dibidang industri. Beberapa industri yang menggunakan aquades adalah industri pupuk, industri kertas dan banyak industri lainnya. Biasanya aquades digunakan sebagai sumber air dalam proses produksi.

4. Digunakan dalam Pengolahan Baja

Telah banyak diketahui dan dilakukan jika aquadest juga memiliki manfaat untuk memotong baja dan pendingin mesin, di mana alat atau mesin juga pastinya membutuhkan air sebagai pendinginnya.

Tak hanya itu saja, air ini juga bisa menghambat terjadinya kerak atau lumut yang akan berkembang. Hal ini bisa membuat aquadest sebagai air yang begitu bermanfaat dalam dunia industri, terlebih dalam pengolahan baja ini.

5. Digunakan sebagai Air Aki

Aki pasti akan membutuhkan air untuk mesin dan aquades tersebut biasanya dipergunakan untuk air aki tersebut. Misal saja, untuk perawatan terhadap pengisi aki pada motor atau pada mobil.

Maka dari itu, hal ini bisa menambah pengetahuan Anda dan mungkin tak tahu air jenis apa untuk air aki, nah namanya aquadest yang digunakan sebagai air aki.

Macam-macam Aquades

1. Aquadest (Aqua Destilata)

Aquadest (Aqua Destilata) yakni air yang dihasilkan dari 1 kali haris proses distilasi atau penyulingan, sering disebut sebagai air murni, namun juga tetap mengandung mineral tertentu.

2. Aquabidest (Aqua Bidestilata)

Aquabidest (Aqua Bidestilata) yakni air yang dihasilkan dari proses distilasi atau penyulingan secara bertingkat (2 kali proses distilasi atau penyulingan) dan mengandung mineral yang jauh lebih sedikit dari aquadest.

3. Aquademin (Aqua Demineralisata)

Aquademin (Aqua Demineralisata) yakni air bebas mineral, baik itu ion positif yang berasal dari logam (besi dan magnesium, dll), kesadahan (kalsium, dll), maupun ion negatif yang berasal dari udara, gas halogen, belerang dan lain sebagainya dan bisa memenuhi persyaratan mikroorganisme tertentu

Kesimpulan

Banyak sekali manfaat dan kegunaan dari air murni inikan? ya, ari murni ini bermanfaat dalam bidang sains sebagai bahan baku utama dalam segala proses yang berhubungan dengan pengenceran atau pembuatan larutan. semoga artikel ini dapat menambah wawasan kalian semua, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *