Contoh Artikel Ilmiah Populer Bahasa Indonesia

  • Whatsapp
Contoh Artikel Ilmiah
[powerkit_toc title=”Daftar Isi” depth=”2″ min_count=”4″ min_characters=”1000″]

Contoh Artikel Ilmiah – Dalam artian luas atau umum, karya tulis ilmiah merupakan sebuah laporan atau tulisan sebagai hal yang mampu menjabarkan hasil riset maupun penelitian dari suatu masalah. Penelitian ini dilakukan tim atau individu yang mana di dalam proses penelitian harus mengikuti aturan-aturan serta kaidah ilmu yang disepakati oleh keilmuan.

Atau dapat juga diartikan sebuah hasil penelitian yang mana disusun secara rinci serta sistematis sesuai kaidah yang telah ditetapkan. Untuk pelajar karya tulis kerap juga disebut dengan scientific paper. Ada banyak sekali contoh artikel ilmiah, mulai dari artikel kesehatan, pendidikan, ekonomi dan lainnya. Hal semacam ini tentunya bergantung pada jenis penelitian yang dilakukan oleh Anda.

Cara Membuat Artikel Ilmiah

membuat artikel ilmiah

Agar Anda bisa lebih jelas dalam menulis artikel ilmiah maka di bawah ini ada beberapa cara menulis artikel ilmiah yang bisa kamu jadikan referensi.

1. Tentukan Tema

Dalam semua bidang terkait dengan sistem penulisan termasuk juga contoh artikel ilmiah, menentukan tema adalah sebuah hal wajib dan utama yang harus. Apabila tahap ini belum dilewati, maka nantinya tidak akan dapat lanjut dan melakukan ke tahap-tahap berikutnya.

Biasanya bagian satu ini juga jadi yang paling krusial serta sulit. Bahkan bagi orang sudah terbiasa dalam menulis pun terkadang hilang ide pada saat menentukan tema. Lalu seperti apa cara untuk mengatasi masalah ini?

2. Susun Judul dan Abstrak

Judul yang baik merupakan sesuatu yang dapat menggambarkan secara garis besar isi dari karya tulis ilmiah. Namun judul pada contoh artikel ilmiah dan lainnya jangan ditulis terlalu panjang, umumnya akan terdiri dari 8 hingga 15 kata. Judul wajib ringkas, padat, serta jelas.

Sedangkan untuk abstract umumnya akan ditulis dengan bahasa inggris. Namun tak jarang juga ada yang tetap menggunakan bahasa Indonesia supaya bisa dipahami. Abstract isinya adalah penggambaran ringkas dari sebuah karya tulis ilmiah. Dalam beberapa karya tulis ilmiah pun tidak mewajibkan akan adanya abstract, misalnya makalah.

Dalam abstrak wajib memuat gambaran dari latar belakang, tujuan, kemudian landasan teori, metode, serta pembahasan dan kesimpulan. Umumnya jumlah kata menulis abstrak akan dibatasi antara 250 hingga 500 kata.

3. Menulis Bagian Inti

Bagian inti pada karya tulis ilmiah umumnya akan berisi beberapa bab, biasanya berisi antara bab 1 hingga 5. Berikut beberapa rincian tersebut:

  • BAB 1: Pada bab ini isinya adalah pendahuluan latar belakang, bagian rumusan masalah, tujuan serta manfaat dari penelitian.
  • BAB 2: Pada bab ini isinya adalah tinjauan pustaka di mana tinjuan tersebut menjelaskan landasan dari teori serta konsep-konsep yang sesuai pada masalah.
  • BAB 3: Pada bab isinya mengenai metode penulisan serta metode penelitian.
  • BAB 4: Pada dasarnya masih berisi mengenai metode penulisan serta penelitian. Selain itu pun di dalamnya akan mencakup manfaat, kelebihan serta akibat dari produk yang akan dihasilkan
  • BAB 5: adalah bagian penutup yang ada pada contoh artikel ilmiah. Di dalam bagian ini berisi kesimpulan dari penelitian dengan menyeluruh

4. Menyusun Bagian Akhir

Dalam bagian akhir nantinya akan berisi daftar pustaka serta lampiran-lampiran atas berbagai sumber. Lampiran tersebut biasanya berupa dokumen-dokumen pendukung yang mana terkait pada penelitian.

Agar lebih jelas berikut ini ada beberapa contoh artikel ilmiah.

Contoh Artikel Ilmiah Singkat

artikel Internet

[powerkit_alert type=”info” dismissible=”false” multiline=”false”]

BAHAYA INTERNET BAGI REMAJA

BAB I: PENDAHULUAN

1. Latar Belakang Masalah

Internet saat ini sudah sangat melekat dalam kehidupan sehari-hari, terutama di kalangan remaja. Memang internet cukup membantu dalam menyelesaikan banyak pekerjaan. Akan tetapi ternyata internet pun tidak terlepas dari hal-hal negatif yang dapat berdampak buruk. Apalagi usia remaja merupakan saat-saat labil sehingga masih sering terseret arus. Untuk itu penelitian mengenai bahaya internet bagi remaja penting untuk dilakukan.

2. Rumusan Masalah

Bagaimana bahaya internet bagi remaja?

3. Tujuan Penelitian

Dapat menjelaskan bahaya internet bagi remaja

BAB II: PEMBAHASAN

Bahaya Internet Bagi Remaja

Internet di kalangan remaja saat ini tampaknya sudah menjadi kebutuhan pokok. Akan tetapi tidak semua remaja memanfaatkan internet dengan benar. Ada banyak remaja yang cenderung menyalahgunakan internet sehingga berdampak buruk bagi dirinya dan lingkungannya. Berdasarkan riset yang mendalam, terdapat beberapa bahaya dari penyalahgunaan internet di kalangan remaja, yaitu sebagai berikut:

  • Perilaku bullying melalui sosial media
  • Mudahnya mengakses konten pornografi yang berakibat pada perilaku kejahatan seksual
  • Maraknya kasus penculikan di kalangan remaja setelah berkenalan melalui sosial media.

BAB III: PENUTUP

Kesimpulan

Internet memang sangat membantu dalam kehidupan, akan tetapi ia tetap memiliki kekurangan. Karena itu orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam mengawasi anak-anaknya. Sehingga para remaja dapat membentengi diri dari hal-hal negatif dalam penggunaan internet.

[/powerkit_alert]

Ya, itulah contoh artikel ilmiah yang bisa Anda jadikan sebagai salah satu referensi ketika harus membuatnya. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *