Contoh Berita Acara Serah Terima Terlengkap

  • Whatsapp
pengertian berita acara

Tidak Usah Bingung! Ini Dia Contoh Berita Acara Serah Terima TerLengkap. Contoh berita acara serah terima menjadi salah satu hal yang cukup banyak dicari oleh seseorang.

Dalam sebuah kondisi tertentu seseorang termasuk Anda terkadang akan membutuhkan dokumen berita acara tersebut. Terlebih jika Anda hendak melangsungkan sebuah kerja sama dengan pihak lain.

Membuat berita acara ini biasanya dilakukan usai melaksanakan sebuah kegiatan atau aktivitas tertentu. Berita acara ini menjadi salah satu dokumen yang cukup penting dan harus dimiliki.

Dokumen ini nantinya dapat digunakan sebagai sebuah dokumen yang bisa digunakan untuk kepentingan hukum ataupun bisnis.

Namun tahukah Anda, apa yang dimaksud dengan berita acara? Apa yang dinamakan berita acara serah terima?

Mungkin sebagian dari Anda sudah tidak asing dengan istilah ini, namun ada beberapa juga yang masih cukup bingung atau bahkan tidak paham apa yang dimaksud dengan berita acara.

Untuk menjawab kebingungan Anda tersebut, berikut ini ada beberapa ulasan mengenai apa itu berita acara, bagaimana cara membuat berita acara yang baik dan benar serta menarik dan bagaimana contoh berita acara serah terima.

Beberapa contoh berikut bisa Anda gunakan sebagai pedoman maupun referensi dalam membuat berita acara yang Anda butuhkan. Nah, sudah penasaran seperti apa? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

[powerkit_toc title=”Daftar Isi” depth=”2″ min_count=”4″ min_characters=”1000″]

Pengertian Berita Acara

pengertian berita acara

Berita acara sering kali diartikan sebagai dokumen yang didalamnya memuat sebuah isi kronologi atau latar belakang terjadinya sebuah peristiwa.

Di dalam sebuah berita acara akan disebutkan secara rinci siapa saja yang terkait, dimana terjadinya kegiatan dan kapan waktu terjadinya.

Secara umum, berita acara memiliki pengertian sebagai sebuah surat atau naskah yang mana di dalam naskah tersebut terdapat persetujuan atau peresmian tentang suatu kegiatan tertentu.

Misalnya, sebuah rapat, peristiwa tertentu, atau bahkan contoh berita acara serah terima barang.

Sementara pengertian berita acara menurut glosarium adalah laporan tertulis yang bersifat autentik, dibuat oleh pejabat yang berwenang, mengenai suatu kejadian.

Untuk berita acara serah terima ini berkaitan dengan hubungan bisnis maupun hukum antara satu pihak tertentu dengan pihak yang lainnya. Di dalam berita acara juga akan disebutkan beberapa hal yang berkaitan dengan kepentingannya secara detail.

Cara Membuat Berita Acara

membuat berita acara

Sebelum melihat contoh berita acara serah terima barang, pekerjaan, jabatan dan lain sebagainya, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang bagaimana cara membuat berita acara yang baik dan benar serta menarik.

Berita acara ini nantinya akan dijadikan dokumen bukti adanya sebuah transaksi maupun kejadian.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam membuat Berita Acara, antara lain adalah sebagai berikut:

1. Cantumkan Pihak yang Bersangkutan

Dalam sebuah berita acara, baik contoh berita acara serah terima barang maupun jabatan, pihak-pihak yang bersangkutan disebutkan secara jelas dan terperinci. Pihak yang disebutkan meliputi pihak pertama dan juga pihak kedua.

Biasanya akan disebutkan nama, alamat rumah, tempat tanggal lahir, pekerjaan dan beberapa hal yang diperlukan, misalnya nomor telepon atau nomor Kartu Tanda Penduduk.

Karena berita acara merupakan salah satu dokumen penting yang bisa digunakan sebagai bukti autentik, maka pengisian data-data yang dibutuhkan harus diisi dengan sebenar-benarnya dan dapat dipertangung jawabkan.

2. Cantumkan Tempat Kejadian Secara Detail

Selain menuliskan siapa saja yang terlibat dalam sebuah peristiwa ataupun kegiatan, tempat terjadinya kegiatan tersebut juga harus dicantumkan secara detail. Biasanya akan dituliskan mengenai alamat lengkap secara rinci, rute maupun kode pos.

3. Adanya Tanda Tangan yang Terlibat

Sebuah tanda tangan merupakan salah satu hal yang terpenting dalam berita acara. Tanda tangan ini menjadi bukti keabsahan sebuah data atau dokumen.

Yang berhak melakukan tanda tangan biasanya adalah pihak-pihak yang bersangkutan dalam kegiatan atau peristiwa tersebut.

Bahkan jika dibutuhkan, Anda juga bisa menambahkan saksi sebagai bukti yang lebih menguatkan dalam sebuah berita acara. Namun jika memang tidak dibutuhkan, berarti tidak perlu dihadirkan.

4. Dituliskan Secara Rinci Detail Kepentingannya

Secara umum telah diketahui bahwasanya jenis berita acara sangat banyak sekali. Mulai dari berita acara serah terima pekerjaan, contoh berita acara serah terima barang, berita acara serah terima jabatan, berita acara organisasi, berita acara pemeriksaan dan lain sebagainya.

Nah bagaimana menurut Anda? Membuat berita acara serah terima mudah bukan? Sehingga Anda tidak perlu lagi risau ketika mendapatkan tugas untuk menuliskan berita acara.

Jika Anda masih cukup bingung, berikut ini ada beberapa contoh berita acara serah terima yang bisa dijadikan pedoman atau referensi penulisan saat Anda membutuhkannya.

Contoh Berita Acara

Berita Acara Serah Terima

Berita Acara Serah Terima Barang

[powerkit_alert type=”info” dismissible=”false” multiline=”false”]

Berita Acara Serah Terima Barang

Kami yang bertanda tangan di bawah ini, Pada hari ini Selasa tanggal 16 April Tahun 2019:

Nama : Diajeng Ayu Pragista

Jabatan : Direktur PT Pratama Sentosa

Alamat : Jalan Perum Sejati Nomor 15 Jakarta Selatan

Selanjutnya sebagai Pihak Pertama.

Nama : Dewi Lestari Maharani Senjani

Jabatan : Direktur PT Alam Abadi Jaya

Alamat : Perumahan Mangga Manis Nomor 34 Kelapa Gading Jakarta Utara

Selanjutnya sebagai Pihak Kedua.

Pihak Pertama menyerahkan barang kepada Pihak Kedua, dan pihak kedua menyatakan telah menerima penyerahan barang dari pihak pertama berupa daftar terlampir:

  1. Laptop Macbook Pro 9 sebanyak 3 unit
  2. Laptop Hp Spectre x360-13-4125tu sebanyak 5 unit
  3. Alienware Laptop Gaming 17 FR-CT021 sebanyak 2 unit.

Demikian berita acara serah terima barang ini dibuat oleh masing-masing pihak. Adapun semua barang-barang tersebut dalam kondisi yang baik dan normal.

Semenjak dilakukannya penandatangan berita acara ini, semua barang tersebut sudah menjadi tanggung jawab dari pihak kedua. Baik dari segi perawatan, pemeliharaan dan penggunaan bisa seluruhnya menjadi hak dan tanggung jawab dari pihak kedua.

Yang Menyerahkan Yang Menerima

Pihak Pertama Pihak Kedua

Ttd Ttd

Nama Terang Nama Terang

[/powerkit_alert]

Berita Acara Serah Terima Pekerjaan

[powerkit_alert type=”info” dismissible=”false” multiline=”false”]

Berita Acara Serah Terima Hasil Pekerjaan

Pada Hari ini Selasa Tanggal 17 bulan April tahun 2019, telah dilakukan serah terima hasil pekerjaan oleh dan diantara:

  1. Nama : Wahab Abdillah

Tempat Tanggal Lahir : Wonosobo, 25 Mei 1989

Alamat : Kalibeber Rt 05 Rw 02 Mojotengah Wonosobo

Nomor KTP : 33209347463729276

Selanjutnya disebut sebagai “Pihak Pertama”

  1. Nama : Zahra Ismy Ananda

Tempat Tanggal Lahir : Wonosobo, 23 Maret 1993

Alamat : Perumahan Asri Permai no 4A Wonosobo

Nomor KTP : 3325345436543687

Selanjutnya disebut sebagai “Pihak Kedua”

PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA secara bersama-sama selanjutnya disebut sebagai “Para Pihak”. Para pihak dengan ini terlebih dahulu menerangkan hal-hal sebagai berikut:

  1. Bahwa, sebelumnya PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA telah mengadakan suatu kerja sama pelaksanaan pekerjaan Program Pembangunan Jalan Desa berdasarkan perjanjian yang pernah dilakukan dengan nomor 10/32/HHH/GHY/2017 pada tanggal 20 Mei 2017.
  2. Bahwa, perjanjian tersebut telah menempatkan PIHAK PERTAMA sebagai pemberi kerja dan pihak kedua sebagai pelaksana kerja.
  3. Bahwa, perjanjian tersebut telah mewajibkan PIHAK KEDUA sebagai pelaksana kerja untuk melakukan pekerjaan dan menyerahkan hasil pekerjaan tersebut kepada PIHAK PERTAMA, sebagai pemberi kerja yaitu berupa pekerjaan koordinator lapangan dengan spesifikasi pekerjaan sebagai berikut:
  1. Membuat Laporan Hasil Kerja Program Pembangunan Jalan Desa Kalibeber
  2. Membuat Laporan Keuangan Program Pembangunan Jalan desa Kalibeber
  3. Membuat Susunan Gambar.

Selanjutnya untuk melaksanakan serah terima hasil pekerjaan diantara pihak pertama dan pihak kedua berdasarkan perjanjian, maka para pihak dengan ini sepakat:

  1. Bahwa, Pihak kedua dengan ini menyerahkan hasil pekerjaan kepada pihak pertama sebagaimana pihak pertama dengan ini menyatakan telah menerima hasil pekerjaan tersebut dari pihak kedua.
  2. Bahwa, dengan telah dilakukannya serah terima hasil pekerjaan berdasarkan berita acara ini, maka dengan demikian kewajiban pihak kedua sebagai pelaksana kerja untuk menyerahkan hasil pekerjaan kepada pihak pertama dan pihak pertama sebagai pemberi kerja untuk menerima hasil pekerjaan tersebut dari pihak kedua.

Demikian berita acara ini dibuat oleh masing-masing pihak baik pihak pertama maupun pihak kedua dengan penuh tanggung jawab agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Wonosobo, 17 April 2019

Yang Menyerahkan Yang Menerima

Pihak Pertama Pihak Kedua

TTd TTd

Nama Terang Nama Terang

[/powerkit_alert]

Berita Acara Rapat

[powerkit_alert type=”info” dismissible=”false” multiline=”false”]

Panitia Peringatan Hari Besar Islam

Desa Guntur Madu Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo

Berkaitan dengan rencana akan dilaksanakannya kegiatan bulan Ramadhan di Desa Guntur Madu Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo, maka pada hari ini:

Hari : Selasa

Tanggal : 19 April 2019

Waktu : 19.00 WIB-Selesai

Tempat : Masjid Baiturrahman Desa Guntur Madu Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo

Telah dilaksanakan rapat persiapan kegiatan Ramadhan. Adapun beberapa topik yang dibahas antara lain adalah sebagai berikut:

  • Materi atau Topik

Topik yang dibahas dalam kajian kitab kuning setiap sore di bulan Ramadhan meliputi berbagai hal seperti fiqih, aqidah akhlaq, sejarah, dan hikmah puasa.

  • Pimpinan Rapat

Pimpinan Rapat : Bapak Musbikhin, Mpd

Sekretaris : Azizah Rahmah

Narasumber : K.H. Ma’ruf Amin dari PPTQ Baitul Abidin Darusssalam

Sesudah dilaksanakan pembahasan atau rapat dengan topik di atas berikutnya seluruh panitia menentukan dan dapat menyepakati beberapa hal yang berketepatan menjadi keputusan akhir acara ini, yaitu:

  1. Setiap sore menjelang berbuka puasa dilakukan kajian singkat mengenai fiqih, aqidah akhlak, sejarah dan hikmah puasa yang dilaksanakan secara bergiliran setiap harinya di Masjid Baiturrahmah.
  2. Sesudah sholat Tarawih dan sesudah sholat subuh dilaksaknakan tadarus Al Qur’an setiap hari.

Demikian berita acara ini Kami Buat dengan penuh tanggung jawab dan disahkan agar bisa digunakan untuk sebagaimana mestinya.

Wonosobo, 30 April 2019

Pemimpin Rapat/ Sekretaris

(Ttd)

Nama Terang

Mengetahui

Ketua Panitia Persiapan Peringatan Hari Besar Islam

(Ttd)

Nama Terang

[/powerkit_alert]

Nah itulah beberapa contoh berita acara serah terima yang bisa Anda gunakan sebagai referensi dalam pembuatan berita acara serah terima.

Macam berita acara serah terima ada banyak sekali tergantung kebutuhan yang Anda miliki, misalnya berita acara serah terima barang, berita acara serah terima jabatan, berita acara serah terima pekerjaan dan lain sebagainya.

Contoh-contoh berita acara tadi akan menjadi salah satu hal yang penting bagi Anda yang aktif di sebuah organisasi atau instansi. Semoga informasi di atas dapat memperkaya informasi dan memudahkan pekerjaan Anda.

Baca Juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *