Contoh Kata Pengantar yang Baik dan Benar

  • Whatsapp
Contoh Kata Pengantar Praktikum
Contoh kata pengantar laporan praktikum dalam bahasa Indonesia

Contoh Kata Pengantar yang Baik dan Benar dan cara Penulisannya – Bingung mencari contoh kata pengantar yang pas untuk karya tulismu? Kalau begitu, kamu sedang membaca artikel yang tepat!

Jika kamu sedang membuat sebuah karya tulis seperti makalah, laporan, skripsi, atau yang lainnya, pasti kamu harus membuat sebuah kata pengantar untuk melengkapi karya tersebut.

Sebenarnya, apa sih fungsi kata pengantar?

Kenapa di setiap karya harus ada kata pengantar nya?

Di sini, kamu akan mendapatkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut karena kami telah menyajikan informasi lengkap seputar kata pengantar.

Apa itu Kata Pengantar?

Kata Pengantar adalah sebuah halaman yang terdapat di sebuah karya tulis yang biasanya berisi ucapan rasa syukur dan rasa terima kasih dari seorang penulis.

Kata Pengantar biasanya terletak di awal karya tulis dan memuat beberapa bagian penting seperti pembukaan, isi, dan penutup.

Isi dari kata pengantar sendiri merupakan hal-hal yang telah dilalui oleh penulis atau pengarang dalam menyelesaikan karyanya serta siapa saja pihak-pihak yang telah membantu penyusunan karya tersebut.

Fungsi Kata Pengantar

Sesuai namanya, Kata Pengantar berfungsi untuk mengantarkan para pembaca kepada isi atau uraian yang terdapat pada karya tulis tersebut.

Kata Pengantar tidak hanya berisi ucapan rasa syukur dan terima kasih saja, tetapi juga memuat gambaran umum tentang karya tersebut sehingga dapat meningkatkan minat para pembaca.

Semakin menarik uraian yang ditulis oleh pengarang, maka akan semakin besar kemungkinannya untuk menimbulkan rasa penasaran dari pembaca.

Lalu, seperti apa sih contohnya?

Bagaimana cara menulis kata pengantar dengan baik dan benar?

Langsung saja, simak contoh kata pengantar pada berbagai macam karya tulis di bawah ini!

Contoh Kata Pengantar

Catatan: Kamu bisa menyesuaikan bidang yang diberi [huruf tebal] sesuai dengan kebutuhanmu.

1. Contoh Kata Pengantar Makalah

Kata Pengantar

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas makalah yang berjudul [judul makalah] ini tepat pada waktunya.

Adapun tujuan dari penulisan dari makalah ini adalah untuk memenuhi tugas [dosen/guru] pada [bidang studi/mata kuliah] [nama bidang studi/mata kuliah]. Selain itu, makalah ini juga bertujuan untuk menambah wawasan tentang [topik makalah] bagi para pembaca dan juga bagi penulis.

Saya mengucapkan terima kasih kepada [bapak/ibu] [nama guru/dosen], selaku [guru/dosen] [bidang studi/mata kuliah] [nama bidang studi/mata kuliah] yang telah memberikan tugas ini sehingga dapat menambah pengetahuan dan wawasan sesuai dengan bidang studi yang saya tekuni.

Saya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membagi sebagian pengetahuannya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini.

Saya menyadari, makalah yang saya tulis ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun akan saya nantikan demi kesempurnaan makalah ini.

[tempat, tanggal pembuatan makalah]

Penulis

2. Contoh Kata Pengantar Laporan

Kata Pengantar

Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan inayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan Laporan [jenis laporan] yang berjudul [judul laporan].

Terima kasih saya ucapkan kepada [bapak/ibu] [nama guru/dosen] yang telah membantu kami baik secara moral maupun materi. Terima kasih juga saya ucapkan kepada teman-teman seperjuangan yang telah mendukung kami sehingga kami bisa menyelesaikan tugas ini tepat waktu.

Kami menyadari, bahwa laporan [jenis laporan] yang kami buat ini masih jauh dari kata sempurna baik segi penyusunan, bahasa, maupun penulisannya. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari semua pembaca guna menjadi acuan agar penulis bisa menjadi lebih baik lagi di masa mendatang.

Semoga laporan [jenis laporan] ini bisa menambah wawasan para pembaca dan bisa bermanfaat untuk perkembangan dan peningkatan ilmu pengetahuan.

[tempat, tanggal pembuatan laporan]

Penulis

3. Contoh Kata Pengantar Proposal

Kata Pengantar

Segala puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Rasulullah SAW beserta keluarganya.

Penulisan proposal [jenis proposal] ini bertujuan untuk [tujuan proposal].

Dalam penyusunan proposal ini, kami menyadari sepenuhnya bahwa proposal ini masih jauh dari kesempurnaan karena pengalaman dan pengetahuan penulis yang terbatas. Oleh karena itu, kritik dan saran dari semua pihak sangat kami harapkan demi terciptanya proposal yang lebih baik lagi untuk masa mendatang.

[tempat, tanggal pembuatan proposal]

Penulis

4. Contoh Kata Pengantar Skripsi

Kata Pengantar

Puji Syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan rahmat dan karunia-Nya, penulis dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul “[judul skripsi]”.

Skripsi ini dibuat dan diajukan untuk memenuhi syarat guna memperoleh gelar [nama gelar] pada Fakultas [nama fakultas] di [nama perguruan tinggi]. Selain itu, tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada pembaca mengenai [topik skripsi].

Selama penulisan skripsi ini, penulis banyak menerima bantuan dan dukungan sehingga dapat menyelesaikan skripsi ini. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada:

[Daftar pihak yang telah membantu kamu, urutkan dari yang paling berpengaruh]

Penulis menyadari bahwa skripsi ini masih jauh dari sempurna karena adanya keterbatasan ilmu dan pengalaman yang dimiliki. Oleh karena itu, semua kritik dan saran yang bersifat membangun akan penulis terima dengan senang hati. Penulis berharap, semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang memerlukan.

[tempat, tanggal pembuatan skripsi]

Penulis

5. Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah

Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami bisa menyelesaikan karya ilmiah yang berjudul “[judul karya ilmiah]”.

Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada [bapak/ibu] [guru/dosen] yang telah membantu kami dalam mengerjakan karya ilmiah ini. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada teman-teman yang telah memberi kontribusi baik secara langsung maupun tidak langsung dalam pembuatan karya ilmiah ini.

[Uraian singkat tentang karya ilmiahmu]

Kami sebagai penulis mengakui bahwa ada banyak kekurangan pada karya ilmiah ini. Oleh karena itu, kritik dan saran dari seluruh pihak senantiasa kami harapkan demi kesempurnaan karya kami. Semoga karya ilmiah ini dapat membawa pemahaman dan pengetahuan bagi kita semua tentang [topik karya ilmiah].

[tempat, tanggal pembuatan karya ilmiah]

Penulis

Cara Membuat Kata Pengantar

Nah, setelah melihat beberapa contoh kata pengantar di atas, tentu kamu sudah bisa menyimpulkan dong, bagaimana cara membuat kata pengantar untuk karya tulismu?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kata pengantar memiliki 3 bagian yaitu pembukaan, isi, dan penutup.

Untuk membuat kata pengantar yang baik dan benar, kamu bisa melakukan hal-hal berikut ini:

1. Pembukaan

Untuk bagian pembukaan, kamu bisa menuliskan ucapan rasa syukur atas terselesaikannya karya tulis yang kamu buat entah itu sebagai penulis individu atau tim.

Tidak perlu panjang-panjang, cukup tuliskan dalam 1 atau 2 paragraf pendek saja.

Setelah ucapan rasa syukur, kamu bisa menuliskan rasa terima kasih kepada orang-orang bersangkutan yang telah membantu penyusunan karya tersebut.

Penyebutan orang-orang tersebut dapat diurutkan sesuai dengan seberapa besar pengaruh orang tersebut dalam penyusunan karya tulis kamu.

2. Isi

Setelah membuat bagian pembukaan, kamu bisa lanjut ke bagian isi. Ini merupakan salah satu bagian penting dalam kata pengantar, jadi, jangan sampai terlewatkan.

Dalam bagian ini, bisa kamu isi tentang gambaran umum tentang karyamu. Kamu bisa memulainya dari menyebutkan judul, kemudian berikan sedikit uraian tentang karya tersebut.

Dalam memberikan uraian sebisa mungkin jangan terlalu panjang, cukup berikan gambaran umum karyamu secara singkat, jelas, dan padat.

Kalau bisa, kamu juga harus membuat uraian tersebut menarik minat pembaca sehingga para pembaca akan makin penasaran dan tertarik untuk membaca karya tersebut sampai akhir.

3. Penutup

Di bagian ini, kamu bisa mengisinya dengan permohonan maaf dan harapan kedepannya.

Untuk apa menulis permohonan maaf?

Dalam penulisan sebuah karya tulis, pasti penulis sebagai manusia bisa melakukan satu atau beberapa kesalahan.

Oleh karena itu, apabila para pembaca menemukan kesalahan tersebut di kemudian hari, penulis sudah memberikan permohonan maaf atas kesalahan tersebut.

Setelah permohonan maaf, kamu dapat menambahkan harapan kamu terhadap karya tulis atau makalah tersebut kedepannya.

Jangan lupa juga untuk menuliskan tempat dan tanggal penulisan serta nama penulis/tim penyusun di bagian akhir kata pengantar.

Kesimpulan

Sesuai definisinya, kata pengantar digunakan untuk mengantarkan pembaca karyamu untuk memahami seperti apa kamu menulis karya tersebut.

Dengan mengetahui berbagai contoh kata pengantar di atas, diharapkan kamu bisa membuat kata pengantar yang baik dan benar untuk karya tulis yang sedang kamu buat.

Jika informasi ini bermanfaat, kamu bisa membagikannya ke teman-teman kamu atau sosial media agar orang lain juga bisa membuat kata pengantar yang tepat untuk karya mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *