Format Penulisan Laporan Praktikum Sistematis

Apa itu Laporan?

Laporan adalah bentuk penyajian dari suatu fakta mengenai hal hal yang berkenaan terhadap keadaan ataupun suatu kegiatan. Pada dasarnya suatu fakta yang disajikan tersebut ialah tanggung jawab yang ditugaskan bagi si pelapor.

Apa saja yang perlu disajikan dalam Laporan?

Hal-hal yang perlu disajikan berupa Fakta yang merupakan bahan ataupun keterangan dari informasi yang memang dibutuhkan. Berdasarkan dari suatu objektif yang dialami oleh si pelapor atau dilihat, didengar, dirasakan oleh pelapor. Dan pada saat  si pelapor sudah melaksanakan kegiatan atau suatu kegiatan.

Apa saja ciri-ciri Laporan yang baik?

Laporan yang baik memiliki ciri-ciri umum sebagai berikut:
1. Bahasa Formal
2. Obyektif
3. Sistematis
4. Rapi
5. Jujur

Bagaimana membuat format Penulisan Laporan Praktikum?

Format Laporan praktikum ditulis secara sistematis, dengan urutan yang runut sesuai artikel di bawah ini, kurang lebih ada 11 Urutan yang runut dan umum dalam penulisan laporan praktikum.

Jika anda seorang Pelajar, baik siswa ataupun Mahasiwa, Laporan Praktikum atau karya ilmiah merupakan Hal yang wajib dikumpul sebelum atau sesudah Praktikum dimulai. Terkadang penulisan Laporan Praktikum ditulis manual dengan cara ditulis tangan, ya hal ini sangat menyita waktu.

Dalam Penulisan Laporan Praktikum atau hasil penelitian, selalu ada langkah-langkah atau metode yang digunakan dalam penulisannya agar Laporan dapat mudah dimengerti oleh orang lain. Metode atau Langkah-langkah ini haruslah sistematis. Oleh karna itu dalam kesempatan ini saya ingin berbagi cara menulis Laporan sesuai Format Penulisan Laporan Penelitian yang baik dan benar.

Format Penulisan Laporan Praktikum

1. Judul

Biasanya berisi tentang Judul Percobaan yang akan kita praktikumkan.

2. Hari/Tanggal

Berisi mengenai kapan percobaan atau penelitian yang akan dilaksanakan, misalnya Senin / 20 Januari 2020.

3. Tujuan

Berisi mengenai Tujuan yang akan dicapai dari percobaan atau penelitian yang akan dilaksanakan, misalnya:

  • dapat menentukan koordinat titik berat benda berbentuk luasan.
  • dapat menentukan koordinat titik berat benda berbentuk bulat.
  • dll

4. Landasan Teori

Berisi mengenai hal-hal yang melandasi percobaan tersebut, misalnya saja kalian bisa melihat “Laporan Praktikum Fisika Menentukan Titik Berat” yang sudah saya tulis disana. Laporan tersebut membahas lengkap mengenai Landasan suatu benda tegar, kesetimbangan, rumus-rumusnya dan lain-lain.

Pada Landasan Teori jangan lupa menyebutkan dari mana anda mengutip laporan tersebut ya. misalnya (Rahmat, 2020) atau (Ultha, 2020), anda bisa cek seperti gambar di bawah ini.

Contoh kutipan pada landasan teori
Garis merah (Kutipan Landasan Teori)

5. Alat dan Bahan

Dibab ini terdiri atas dua pembahasan, yakni;

5.1 Alat

Berisikan alat-alat yang digunakan dalam percobaan, ingat alat ya bukan bahan. bedanya alat dan bahan adalah alat itu bisa dipakai berulang, sedangkan bahan hanya sekali pemakaian. alat misalnya;

  • Gelas kimia 100 mL
  • Bunsen
  • Pengaduk
  • Dll

5.2 Bahan

Berisikan bahan-bahan yang dipakai dalam percobaan, bahan misalnya;

  • Aquades
  • Asam Benzoat
  • Naftalalena
  • Dll

6. Prosedur Kerja

Dari pengalaman admin Laporanpraktikum.id selama Kuliah, biasanya kami menulisakan prosedur dalam bentuk Bagan atau diagram Alir. Contohnya seperti gambar berikut;

Prosedur Kerja Bentuk Bagan Alir dalam Laporan Praktikum
Prosedur Kerja Bentuk Bagan Alir dalam Laporan Praktikum

7. Hasil Pengamatan

Berisikan Hasil-Hasil yang didapat dan diamati selama praktikum, pada bagian ini kalian hanya perlu menuliskan data-datanya saja. belum sampai ke tahap penjabarannya atau pembahsannya ya. Data-datanya dimasukan kedalam tabel yang kalian buat sendiri. Berikut contohnya seperti pada gambar.

Hasil Pengamatan dalam Laporan Praktikum
Hasil Pengamatan dalam Laporan Praktikum

8. Pembahasan

Nah ini adalah bab paling penting, disini semua percobaan yang kalian lakukan harus dibahas satu persatu. bahas semuanya, mulai dari pengamatan kalian, kecocokan data yang kalian dapat dengan landasan teori yang kalian buat, kecelakaan selama praktikum misal terlalu lama dipanaskan dll. pokoknya bebas curhat disini deh.

9. Kesimpulan

Bagian ini berisikan Kesimpulan yang didapat dalam percobaan yang telah kalian lakukan, Umumnya Kesimpulan menjawab Tujuan dari Percobaan yang kalian lakukan.

10. Daftar Pustaka

ya, ini berisikan daftar sumber yang kalian ambil, semua yang telah kalian kutip pada landasan teori harus kalian masukan kedalam daftar pustaka ini, dan penyusunannya menurut abjad ya.

11. Lampiran

Ini tugas yang paing enak, karna cuman nempel-nempel foto yang sudah kita print ke bagian bab ini. Lampiran menjadi bukti bahwa kalian telah mengamati Percobaan.

Kesimpulan Format Laporan Praktikum

Kesimpulan yang kita dapatkan adalah Format Laporan Praktikum dibuat untuk memudahkan kalian dalam menyusun laporan praktikum secara sistematis. Format Laporan Praktikum Pada masing-masing Universita berbeda-beda. Format diatas adalah contoh Format Praktikum Pada Kampus admin yakni Universitas Jambi Tepatnya prodi Pendidikan Kimia. Ya, mudah-mudahan apa yang saya tulis ini bisa sedikit membantu teman-teman semua yang membaca.

Nilai Kualitas Artikel

2 thoughts on “Format Penulisan Laporan Praktikum Sistematis”

  1. memilih kata yg tepat ,sumber sumber yg diambil harus dapat di pertanggung kan,memakai kata kata yg logis

    Reply
    • terimkasih telah menambahkan kak …
      Benar,
      sumber-sumber yang di ambil haruslah dapat dibuktikan.
      bukan Anonim

      Reply

Leave a Comment