Mengenal Iklim Benua Asia (Jenis dan Pembagian Wilayah)

iklim benua Asia – Di dunia terdapat tujuh benua yakni Asia, Afrika, Amerika utara dan selatan, Eropa, antartika hingga Australia. Benua terkecil di dunia adalah Australia. Sementara benua terbesar yakni Asia. 

Ukurannya yang besar didukung dengan keberagaman suku, budaya dan adat istiadat.

Asia sendiri terdiri dari banyak negara berkembang dan negara maju. Asia sendiri sering dianggap sebagai benua yang mengangkat budaya ketimuran atau lebih konservatif ketimbang benua lainnya. Selain itu iklim benua Asia juga beragam.

Sekilas Tentang Benua Asia

Sekilas Tentang Benua Asia
Sekilas Tentang Benua Asia

Asia merupakan sebuah benua yang berbatasan langsung dengan samudra Arktik, Pasifik dan Hindia. Asia juga berbatasan dengan pegunungan Ural dan Kaukasus.

Daratannya mencapai 30% dari luas daratan yang ada di seluruh dunia. Populasinya mencapai 60 % dari total keseluruhan penghuni bumi. Sekiranya ada 4.3 miliar jiwa yang mendiami benua ini.

Nama Asia sendiri berasal dari Yunani yakni Aoia. nama asia dikenal Indonesia dari orang Belanda yang datang ke tanah air.

Jumlah negara yang ada di asia adalah 49 negara dan 5 yang masih dalam sengketa. Kepadatan penduduk di benua Asia mencapai 87 jiwa per km persegi.

Pembagian Wilayah Benua Asia

Pembagian wilayah negara di benua Asia terbagi atas 5 kawasan. Kawasan tersebut tidak lain adalah Asia tengah, Asia selatan, Asia tenggara, Asia timur dan Asia barat.

Berikut ulasan negara mana saja yang termasuk dalam kawasan Asia diatas:

1. Asia Timur

Asia Timur
Asia Timur

Orang Eropa sering menjuluki negara di kawasan Asia timur sebagai Timur jauh. Lokasinya memang sangat jauh dari wilayah Eropa. Negara yang ada di asia Timur kebanyakan merupakan negara maju.

Negara yang masuk dalam Asia timur yaitu Korut dan Korsel, Jepang, Hongkong, Macau yang masuk dalam semenangjung China.

Mongolia juga masuk dalam kawasan Asia timur. Wilayah paling luas di Asia timur yaitu China. Luas wilayahnya sendiri berkisar 11 juta km persegi. 

Lebih dari 40 % warga Asia ada di Asia timur. Jumlah penduduknya saja mencapai lebih dari 1.5 miliar jiwa yang mana kebanyakan ada di Tiongkok.

Seluruh negara Asia timur ternyata menggunakan aksara Tionghoa sehingga terlihat mirip satu dengan lainnya.

2. Asia Barat

Asia Barat
Asia Barat

Asia barat sering disebut dengan kawasan timur tengah. Letaknya di selatan eropa timur dan dikelilingi oleh tujuh lautan mulai dari laut hitam, Kaspia, Merah, Tengah, arab, teluk Persia hingga laut Aegea.

Istilah Asia barat biasanya hanya digunakan oleh arkeolog karena banyak ditemukan peradaban kuno yang masih terjaga di wilayah ini.

Negara yang masuk dari asia barat diantaranya adalah arab Saudi, armenia, azerbaijan, Bahrain, Georgia, Iran, Irak, kuwait, Israel dan negara gurun lainnya.

Kebanyakan negara di kawasan Asia barat menggunakan huruf arab karena mayoritas beragama Islam.

3. Asia Tengah

Asia Tengah
Asia Tengah

Asia tengah berada di jantung benua Asia yang terdiri dari rusia. Selain China, Rusia dikenal memiliki daratan yang cukup luas.

Negara yang masuk dalam Asia tengah diantaranya adalah Armenia, Azerbaijan, Uzbekistan, Turkmenistan, tajikistan, Kazakhstan, hingga Georgia.

Asia tengah mencakup 21 % dari total daratan Asia. Pada 2017 silam tercatat pendapatan per kapita sebesar $ 3.700.

Sejak dahulu Asia tengah telah menjadi jalur perdagangan antara Tiongkok dan masyarakat Eropa.

4. Asia Selatan

Asia Selatan
Asia Selatan

Negara yang masuk dalam Asia selatan merupakan negara yang berbatasan langsung dengan samudera Hindia seperti Maladewa dan Sri Lanka.

Ada pula India, Pakistan, Nepal hingga Bhutan. Negara di Asia Selatan dikenal memiliki pegunungan dan laut yang indah.

5. Asia Tenggara

Asia Tenggara
Asia Tenggara

Terakhir, ada Asia tenggara yang didalamnya termasuk Indonesia. Negara yang masuk dalam Asia tenggara ialah Myanmar, Malaysia, dan Singapura.

Selain itu juga negara Filipina, Brunei Darussalam, Timor Leste, Laos, Thailand, Kamboja hingga Vietnam. Nama asia tenggara pertama kali digunakan pada abad ke 20.

Sebelumnya wilayah Asia ini lebih dikenal dengan sebutan India belakang. Jumlah populasinya sendiri mencapai 680 juta jiwa dengan kepadatan 135,6/km persegi.

Jenis Iklim di Benua Asia

Pembagian iklim di benua Asia terbagi atas 5 jenis. Berikut penjelasan terkait  jenis-jenis iklim yang ada di benua Asia :

1. Iklim Tropis

Iklim Tropis
Iklim Tropis

Iklim tropis umumnya memiliki suhu udara 20-23 derajat celcius. Wilayah iklim ini biasanya berada di garis khatulistiwa.

Iklim tropis memiliki ciri curah hujan yang lebih tinggi ketimbang iklim lainnya. Pada musim kemarau temperatur udaranya juga bisa relatif tinggi.

Hanya ada dua musim yang dimiliki iklim tropis yakni musim panas atau kemarau dan hujan.

Durasi waktu untuk setiap musimnya cenderung stabil atau sama yakni 6 bulan untuk setiap musimnya. Tekanan udaranya rendah dan tidak berfluktuasi atau stabil.

Wilayah yang memiliki iklim tropis sendiri berada pada 0 derajat lintang utara hingga 23,5 lintang selatan.

Kecepatan angin pada iklim tropis rendah karena dekat dengan ekuator. Wilayah dengan iklim tropis memiliki banyak penduduk yang mata pencaharian sebagai petani.

2. Iklim Subtropis

Iklim Subtropis
Iklim Subtropis

Selanjutnya ada iklim subtropis yang terletak pada 23,5 derajat lintang utara dan 40 derajat lintang selatan.

Ciri dari iklim ini adalah suhu yang sangat tinggi ketika memasuki musim panas. Sementara pada musim dingin akan terasa lebih sejuk.

Daerah dengan iklim sub tropis akan memiliki iklim mediteran. Pada iklim mediteran musim panasnya hangat dan kering. Musim dinginnya  lebih lembab dan basah.

3. Iklim Sedang

Iklim Sedang
Iklim Sedang

Iklim sedang memiliki empat jenis musim yakni musim panas, gugur, musim dingin dan semi. Pada dasarnya, iklim sedang juga memiliki curah hujan rendah namun tak serendah iklim gurun.

Letak wilayah iklim sedang berada pada 40 derajat lintang utara dan 66.5 derajat lintang selatan.

Ciri iklim ini diantaranya adalah memiliki tekanan udara yang berubah-ubah. Hal ini berdampak pada arah angin yang bertiup juga ikut berubah.

Terdapat banyak sekali gerakan udara yang siklonal. Wilayahnya juga sering mengalami badai yang sifatnya tiba-tiba.

4. Iklim Gurun

Iklim Gurun
Iklim Gurun

Pada dasanya, Iklim gurun termasuk dalam iklim darat. Iklim darat terdapat di wilayah gurun terbagi atas dua macam yakni gurun dan kontinental.

Di Asia sendiri termasuk dalam iklim gurun yang mana musim panas lebih lama dibandingkan dengan musim lainnya.

Iklim ini memiliki ciri kelembaban udara yang rendah sementara intensitas panas matahari begitu tinggi. 

Curah hujannya sendiri sepanjang tahun sangat rendah yakni kurang dari 250 mm per tahunnya.

Keadaan tanahnya saja sampai tandus karena tidak mampu menyimpan air. Tak hanya itu saja kecepatan penguapan juga tinggi pada iklim ini.

5. Iklim Kutub

Iklim Kutub
Iklim Kutub

Benua asia memiliki jenis iklim kutub. Seperti namanya iklim ini cenderung dingin sepanjang tahun layaknya wilayah kutub.

Tak heran bila iklim kutub juga dikenal sebagai iklim dingin. Wilayah dengan iklim kutub menjadi habitat bagi hewan penguin.

Iklim benua Asia berdasarkan letak lintangnya untuk iklim ini ialah pada 66,50 lintang utara hingga 90 lintang selatan. Wilayah ini berbatasan langsung dengan kawasan Siberia Utara.

Iklim dingin sendiri terbagi atas dua macam yakni iklim tundra dan iklim es. Iklim tundra memiliki ciri musim dingin yang lama dan tanahnya membeku sepanjang tahun.

Sementara iklim es tanah ditutupi oleh es dan salju. Suhu udara akan terus menerus turun sampai menyebabkan salju abadi.

Jenis iklim dingin di benua Asia adalah iklim tundra. Sementara iklim es terdapat di wilayah kutub utara seperti Greenland.

Pembagian Wilayah Iklim Benua Asia

Setelah mengetahui jenis  iklim yang dimiliki benua Asia maka mudah untuk memahami pembagian iklimnya berdasarkan wilayah.

Iklim benua Asia pada umumnya adalah tropis. Berikut ulasan pembagian iklim berdasarkan wilayah Asia dibawah ini :

1. Iklim Asia Timur

Iklim Asia Timur
Iklim Asia Timur

Iklim Asia timur cenderung beriklim sedang. Wilayahnya yang memiliki iklim ini adalah jepang, Korea Selatan hingga China.

Udara di kawasan asia timur lebih sejuk dan musim dingin serta panasnya lebih singkat.

Musim semi biasa berlangsung pada bulan Maret hingga Mei dengan suhu 7-23 derajat celcius.

Pada bulan Juni hingga agustus memasuki musim panas yang suhunya mencapai 25-38 derajat celcius. Musim gugur sendiri memasuki bulan September hingga November.

Musim dinginnya jatuh pada Desember hingga Februari. Suhu saat musim dingin tak jarang bisa dibawah 0 derajat.

2. Iklim Asia Barat

Iklim Asia Barat
Iklim Asia Barat

Iklim benua Asia bagian barat cenderung subtropis yang mendominasi. Jenis iklim subtropis mediterania lebih banyak dialami di negara wilayah Asia barat.

Kawasan Iran utara, israel dan suriah memiliki iklim mediteran. Curah hujannya hanya sampai 508-1.016 mm per tahunnya.

Untuk negara Irak, afghanistan, yaman, omn mampu memiliki curah hujan 101-508 mm per tahunnya.

3. Iklim Asia Tenggara

Iklim Asia Tenggara
Iklim Asia Tenggara

Iklim di kawasan Asia tenggara cenderung memiliki iklim tropis. Musim hujan dan panas cenderung stabil disini.

 Letak astronomi asia tenggara ialah antara 28 lintang utara-11 lintang selatan dan 93 bujur timur hingga 141 bujur timur.

Pada bulan Januari angin akan bersifat lembab sedangkan pada bulan Juli angin menuju ekuator.

Berlangsungnya musim hujan di Asia tenggara bervariasi. Misalnya saja pada negara Myanmar musim hujan terjadi pada pertengahan Mei hingga Oktober.

Sementara thailand baru memiliki musim hujan ketika memasuki bulan Oktober hingga Januari. Berbeda lagi dengan filipina yang memiliki hujan sepanjang tahun.

4. Iklim Asia Selatan

Iklim Asia Selatan
Iklim Asia Selatan

Iklim benua Asia bagian selatan cenderung beragam karena dekat dengan kawasan gurun.  Asia selatan memiliki dua iklim yang mendominasi yakni tropis dan sub tropis.

Kawasan iklim tropis sebagian wilayah Bangladesh, India hingga Maladewa. Iklim subtropis memasuki Nepal, Bhutan hingga sebagian bangladesh.

5. Iklim Asia Tengah

Iklim Asia Tengah
Iklim Asia Tengah

Iklim gurun mudah ditemukan di kawasan Asia tengah.  Faktor yang mempengaruhi iklim di Asia tengah ialah lokasinya yang pas di jantung benua Asia.

Iklim gurun terjadi di negara Uzbekistan barat dan Turkmenistan hingga Kirgistan. Rata-rata curah hujannya hanya mencapai 10 inci saja.

Wilayah asia tengah juga dikelilingi pegunungan Himalaya sehingga memblokir angin yang kaya akan uap airnya. Hujan jarang terjadi di wilayah Asia tengah. Curah hujan di wilayah asia tengah umumnya hanya 10-20 inci saja.

Itulah tadi ulasan terkait iklim benua Asia yang bisa menambah wawasanmu terkait iklim.

Indonesia sendiri masuk dalam iklim tropis karena dilintasi garis khatulistiwa. Musim hujan terjadi pada Oktober hingga Februari. Sementara kemarau terjadi pada Maret hingga September.

Sumber:

  • saintif.com/ sistem-tata-surya/
  • ilmugeografi.com/ astronomi/ sistem-tata-surya
  • www.kelaspintar.id/ blog/tips -pintar/kelas-7/ struktur-tata- surya-928/

Nilai Kualitas Artikel

Leave a Comment