Kata Pengantar : Fungsi, Struktur dan Contohnya

Siapa yang kesini gara-gara sedang ada tugas? Pasti bingungkan bagimana membuat kata pengatar yang baik dan benar. Jika kamu sedang membuat sebuah karya tulis seperti makalah, laporan, skripsi, atau yang lainnya, pasti kamu harus membuat sebuah kata pengantar untuk melengkapi karya tersebut.

Lalu Sebenarnya, apa sih fungsi kata pengantar itu? kok ribet banget harus ada kata pengantar? coba bayangkan Kenapa di setiap karya harus ada kata pengantarnya?

Jika terlintas pertanyaan itu, maka kamu akan mendapatkan jawaban pada artikel ini. Langsung aja kita masuk dulu mengenai pengertiannya dulu deh.

Pengertian kata pengantar

Contoh Kata Pengantar
Menulis Kata Pengantar

Jika ditanya apa yang dimaksud kata pengantar? Agak bingung juga harus jawab apa, Tapi intinya pada sebuah makalah atau buku, kata pengantar menempati halaman paling depan. Komponen kata pengantar cukup banyak, seperti ucapan terima kasih dan syukur karena tugas makalah dapat diselesaikan. Terkadang penulis juga mencantumkan kalimat terkait hal yang sudah dilakukan dan pihak yang membantu menyusun makalah.

Intinya dalam kata pengantar itu kita bersyukur telah menyelesaikan tugas yang diberikan dengan menuliskan rasa terimakasih pada pihak-pihak yang terkait.

Fungsi Kata Pengantar

Sesuai namanya, Kata Pengantar berfungsi untuk mengantarkan para pembaca kepada isi, uraian ataupun penjabaran terhadap pada karya tulis yang telah kita susun.

Kata Pengantar tidak hanya berisi ucapan rasa syukur dan terima kasih saja, tetapi juga memuat gambaran umum tentang karya tersebut sehingga dapat meningkatkan minat para pembaca.

Struktur kata pengantar

Walaupun kelihatanya simpel, tapi ada kaidah ataupun susunan yang perlu kalian ketahui untuk menyusun kata pengantar loh.

Nah untuk membuat suatu kata pengantar yang baik dan benar tidak salah tidak acak-acakan, kita wajib mempelajari dahulu susunan atau struktur dari kata pengantar.

Setelah tau susunannya baru deh kita susun sebaik mungkin dengan kalimat efektif, dengan tujuan agar pembaca mudah memahami isi dari kata pengantar. Berikut struktur penulisan kata pengantar.

1. Pembukaan

Pada bagian ini kata pengantar yakni terdapat pada paragraf pertama dan kedua. Bagian ini berisikan ucapan syukur kita sebagai penulis atau tim penyusun karena telah selesainya karya tulis tersebut.

Ucapan terima kasih diawali dengan mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan lalu dilanjutkan dengan mengucapkan terima kasih kepada orang-orang yang telah mendukung dan membantu penulisan karya tulis tersebut. Umumnya diurutkan berdasarkan jabatan dan tingkat keterlibatan orang yang bersangkutan pada penyelesaian makalah.

2. Isi

Bagian ini berupa gambaran isi karya tulis, umumnya dimulai dengan menyebutkan judul karya tulis atau karya ilmiah kita. Kemudian, dilanjutkan dengan pembahasan dan proses penulisan karya tulis tersebut.

Pemilihan kata harus tepat karena dalam isi haruslah dapat menjelaskan secara singkat padat dan jelas pada bagian isi kata pengantar.

3. Penutup

Bagian terakhir berisikan kalimat permintaan maaf jika ada kesalahan dalam penulisan gelar, nama, atau isi dari karya tulis. Permohonan maaf ditujukan bila di kemudian hari ditemukan beberapa kesalahan dalam penulisan.

Bagian ini juga berisikan harapan penulis atau penyusun karya, agar karya tersebut dapat bermanfaat untuk orang banyak. Harapan tersebut berisikan beberapa pandangan atau potensi lebih lanjut yang dapat menambah isi karya tulis atau menyelesaikan masalah yang belum kita bahas pada karya tulis kita.

Cara membuat Kata Pengantar

Beberapa hal dalam pembuatan kata pengantar yang baik dan benar, antara lain:

1. Diawali Puji Syukur

Kata pengantar diawali dengan memanjatkan (Menyampaikan Doa) puji syukur pada Tuhan Yang Maha Esa.

Contoh:
Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat rahmat-Nya karya tulis ini dapat terselesaikan tepat waktu, kemudian kami ucapkan juga terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam proses pembuatan karya tulis ini.

2. Gambaran Isi Makalah

Pada Bagian ini, karya tulis atau makalah di bahas sehingga pembaca bisa membayangkan isi dari makalah yang kita tulis ini. Selain itu makalah yang ditulis, dapat pula menuliskan tujuan dari pembuatan karya tulis ini

3. Paragraf Akhir Kata Pengantar

Akhir kata pengantar dengan permintaan maaf atas kekurangan dalam penulisan makalah serta meminta masukan atau harapan pada pembaca.

Contoh Kata Pengantar Makalah

Jika masih ada yang bingung, simak deh beberapa contoh kata pengantar makalah yang telah admin buat berikut ini.

1. Kata Pengantar Makalah Agama

Kata Pengantar

Assalamualaikum wr.wb

Bismillahirrahmanirrahim

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, Tuhan semesta alam. Atas izin dan karunia-Nya, kami dapat menyelesaikan makalah tepat dengan baik. Tak lupa pula penulis haturkan shalawat serta salam kepada junjungan Nabi agug kita Rasulullah Muhammad SAW. Semoga syafaatnya mengalir pada kita di hari akhir kelak.

Penulisan makalah berjudul ‘Analisis Hukum Tajwid pada Surat Ar-rahman’ bertujuan untuk memenuhi tugas mata kuliah Pendidikan Agama. Pada makalah diuraikan surat Ar-rahman beserta terjemah dan maknanya. Selain itu, diulas juga hukum bacaan pada surat tersebut.

Pada kesempatan ini, tak lupa kami ucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penyusunan makalah ini, di antaranya:

1. Ibu Dra. Ultha Windara selaku dosen mata kuliah Pendidikan Agama Islam
2. Ustad Rahmat Solaemansyur selaku supervisor
3. Kedua orang tua kami yang telah memberikan dukungan
4. Pihak yang tidak dapat disebutkan satu per satu

Akhirul kalam, penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna. Besar harapan penulis agar pembaca berkenan memberikan masukan berupa kritik dan saran yang membangun. Semoga makalah ini bisa memberikan manfaat bagi kita semua.

Wassalamualaikum wr.wb

Jambi, 18 Mei 2020

Penulis

2. Kata Pengantar Makalah Sejarah

Kata Pengantar

Alhamdulillah Puji-puji dan syukur kami panjatkan pada Tuhan semesta alam Allah SWT. Hanya kepada-Nya lah kami memuji dan hanya kepada-Nya lah kami memohon pertolongan. Tidak lupa shalawat beriring salam kami haturkan pada junjungan Nabi agung kita, Nabi Muhammad SAW.

Adapun makalah berjudul “Penerapan Ajaran Islam Masa Kerajaan Demak di Kampung Durian Runtuh” telah selesai dengan baik dan benar serta tepat waktu. Pada isi makalah akan jabarkan mengenai ajaran Islam pada zaman Kerajaan Demak. Ajaran tersebut tidak luntur begitu saja, tetapi diadaptasi masyarakat sekitar, termasuk masyarakat Kampung Durian Runtuh. Selain itu dalam makalah ini diuraikan juga ajaran Islam dari Kerajaan Demak yang tidak lestari maupun masih dipertahankan.

Makalah “Penerapan Ajaran Islam Masa Kerajaan Demak di Kampung Durian Runtuh” disusun guna memenuhi tugas Mata Kuliah Sejarah Islam. Kami membuka kritik dan saran yang membangun dari setiap pembaca agar perbaikan dapat dilakukan dikemudian hari. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Jambi, 16 Mei 2020

Penyusun

3. Kata Pengantar Makalah PKN

Kata Pengantar

Assalamualaikum wr.wb

Alhamdulillah. Puji syukur kehadirat Allah SWT senantiasa kita ucapkan. Atas karunia-Nya berupa nikmat iman dan islam serta nikmat kesehatan sehingga akhirnya penulis bisa menyelesaikan makalah bertema “Dasar-Dasar Ideologi Negara”. Tidak lupa shawalat serta salam sanjungkan kepada Baginda Agung Rasulullah SAW yang syafaatnya akan kita nantikan kelak.

Makalah berjudul “Analisis Dasar-Dasar Ideologi Negara dalam Kehidupan Bermasyarakat dengan Studi Kasus Kampung Sumbersari” merupakan sedikit contoh implementasi Dasar-Dasar Ideologi Negara di sekitar kita. Isi makalah ini membahas Dasar-Dasar Ideologi Negara yang dipahami masyarakat Kampung Sumbersari. Sejak tahun 1990-an, kampung yang dimpimpin Tokoh Bapak Rohman telah menerapkan Dasar-Dasar Ideologi Negara secara tersirat. Pembahasan terkait berbagai aktivitas dan norma yang diterapkan akan diuraikan lebih lanjut.

Adapun penulisan makalah bertema Dasar-Dasar Ideologi Negara ini dibuat sebagai tugas mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Penulis mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah mendukung serta membantu penyelesaian makalah ini. Harapannya, semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca sekaligus menumbuhkan rasa cinta tanah air.

Dengan kerendahan hati, penulis memohon maaf apabila ada kesalahan kalimat. Meskipun demikian, penulis terbuka pada kritik dan saran dari pembaca demi kesempurnaan makalah.

Wassalamualaikum wr.wb

Jambi, 17 Mei 2020

Penulis

4. Kata Pengantar Makalah Biologi

Kata Pengantar

Assalamualaikum wr.wb

Alhamdulillah. Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa senantiasa kita ucapkan. Atas rahmat dan karunia-Nya yang berupa iman dan islam serta kesehatan hingga kami dapat menyelesaikan makalah ini. Shawalat serta salam tercurah pada Rasulullah SAW. Semoga syafaatnya mengalir pada kita kelak.

Makalah dengan judul “Dampak Pemberian Pupuk NPK pada Tumbuhan Jagung di Perkebunan Pak Rahmat” dibuat untuk melengkapi tugas mata kuliah biologi dasar. Pada isi makalah disampaikan karakteristik pupuk NPK. Selain itu, dibahas pula dampak pemberian pupuk NPK secara berkala pada pertumbuhan jagung.

Penulis mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah mendukung serta membantu penyelesaian makalah biologi dasar ini. Besar harapan penulis agar makalah ini bisa menjadi rujukan peneliti selanjutnya. Penulis juga berharap agar isi makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca.

Wassalamualaikum wr.wb

Bungo, 17 Mei 2020

Penulis

5. Kata Pengantar Makalah Bahasa Indonesia

Kata Pengantar

Assalamualaikum wr.wb

Alhamdulillah. Puji syukur kehadirat Allah SWT senantiasa kita ucapkan. Atas karunia-Nya berupa nikmat iman dan islam serta nikmat kesehatan. Tidak lupa shawalat serta salam sanjungkan kepada Baginda Agung Rasulullah SAW yang telah membawa umatnya menuju jalan yang lurus.

Penyusunan makalah berjudul “Identifikasi Penggunaan Majas dalam Cerprn ‘Hujan’ Karangan Tere Liye” membahas fenomena majas yang banyak digunakan di dalam sebuah buku bacaan. Isi makalah ini sekaligus menggolongkan jenis majas untuk memudahkan pemahaman.

Penulis mengucapkan terima kasih kepada Dosen Bahasa Indonesia, Bapak Solaemansyur S.Pd yang telah membimbing penyelesaian makalah. Kami juga berterima kasih kepada para pihak yang mendukung penulisan makalah. Penulis berharap agar makalah ini mampu memberikan sudut pandang baru bagi pembaca.

Dengan kerendahan hati, apabila ada kesalahan dalam proses pembuatan makalah maka penulis berharap ada saran sebagai bagian dari revisi makalah ini.

Wassalamualaikum wr.wb

Tebo, 18 Mei 2020

Penulis

6. Kata Pengantar Makalah Kelompok

Kata Pengantar

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Segala puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Atas rahmat dan karunia-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas makalah ini pada mata kuliah bahasa Indonesia tepat waktu. Tidak lupa shalawat serta salam tercurah kepada Rasulullah SAW yang syafa’atnya kita nantikan kelak.

Penulisan makalah berjudul “Analisis Majas dan Plot dalam Novel ” dapat diselesaikan karena bantuan beberapa pihak. Kami berharap makalah analisis ini dapat menjadi referensi bagi pihak yang tertarik.

Penulis menyadari makalah ini masih banyak kekurangan dan memerlukan penyempurnaan, terutama pada bagian isi. Kami menerima segala bentuk kritik dan saran dari pembaca demi penyempurnaan makalah ini.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Akhir kata, semoga makalah ini dapat bermanfaat.


Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Rimbo, 21 Mei 2020

Penulis

7. Kata Pengantar Makalah Individu

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan penulis kemudahan dalam menyelesaikan makalah ini tepat waktu. Berkat rahmat dan pertolongan-Nya, sehingga penulis mampu menyelesaikan makalah ini dengan baik. Tidak lupa shalawat serta salam kita junjungkan kepada Nabi agung Muhammad SAW yang syafa’atnya kita nanti-nantikan kelak di yaumil akhir.

Makalah berjudul “Metode Social Distancing 2020” dapat diselesaikan. Makalah ini disusun guna memenuhi tugas mata kuliah Sosiologi. Penulis berharap makalah tentang Metode metode pencegahan virus pada masyarakat ini dapat menjadi referensi bagi masyarakat agar tetap waspada di tengah suasana tidak kondusif.

Penulis menyadari makalah ini masih perlu banyak penyempurnaan karena kesalahan dan kekurangan. Apabila terdapat banyak kesalahan pada makalah ini, baik terkait penulisan maupun konten, penulis memohon maaf.

Demikian yang dapat penulis sampaikan.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Jambi, 22 Agustus 2020

Penulis

Contoh Kata Pengantar Laporan

Berikutnya adalah kata pengantar laporan, entah itu berupa laporan praktikum, laporan hasil kerja, laporan observasi, atau kegiatan yang memang harus di laporkan maka inilah contoh kata pengantar laporan yang dapat kalian tiru.

1. Kata Pengantar Laporan Praktikum

Kata Pengantar

Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan inayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan Laporan praktikum yang berjudul Praktikum Asam Basa.

Terima kasih saya ucapkan kepada bapak Rahmat Solaemansyur, S.Pd yang telah membantu kami baik secara moral maupun materi. Terima kasih juga saya ucapkan kepada teman-teman seperjuangan yang telah mendukung kami sehingga kami bisa menyelesaikan tugas ini tepat waktu.

Kami menyadari, bahwa laporan praktikum yang kami buat ini masih jauh dari kata sempurna baik segi penyusunan, bahasa, maupun penulisannya. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari semua pembaca guna menjadi acuan agar penulis bisa menjadi lebih baik lagi di masa mendatang.

Semoga laporan praktikum ini bisa menambah wawasan para pembaca dan bisa bermanfaat untuk perkembangan dan peningkatan ilmu pengetahuan.

Jambi, 18 Mei 2019

Penulis

2. Kata Pengantar Laporan Observasi

Kata Pengantar

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Segala puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Atas rahmat dan karunia-Nya, kami dapat menyelesaikan tugas penulisan makalah mata kuliah bahasa Indonesia tepat waktu. Tidak lupa shalawat serta salam tercurah kepada Rasulullah SAW yang syafa’atnya kita nantikan kelak.

Penulisan makalah berjudul “Laporan Observasi Satwa Langka di Kota Jambi” dapat diselesaikan karena bantuan banyak pihak. Kami berharap laporan observasi tentang satwa langka ini dapat menjadi referensi bagi pihak terkait untuk menjaga kelestarian satwa agar tidak punah.

Penulis menyadari laporan observasi ini masih memerlukan penyempurnaan, terutama pada bagian isi. Kami menerima segala bentuk kritik dan saran pembaca demi penyempurnaan laporan ini. Apabila terdapat banyak kesalahan pada makalah ini, kami memohon maaf.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Akhir kata, semoga makalah bahasa Indonesia ini dapat bermanfaat.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Rimbo Bujang, 22 Juni 2020

Penulis

3. Kata Pengantar Laporan Magang (KKN/KKL)

Kata Pengantar

Puji syukur semoga selalu terpanjatkan kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan limpaham rohmat dan hidayahNya kepada kita semua sehingga kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) berikut pembuatan laporannya bisa berjalan dengan lancar tanpa ada kendala apapun.

Sholawat salam kami haturkan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah membawa umatnya menuju zaman yang penuh teknologi seperti yang sedang kita rasakan saat ini.

Pada kesempatan ini, tak lupa kami ucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kesuksesan acara KKN beserta penulisan laporannya, di antaranya:

  1. Dr. H Rahmat, M.Ag selaku rektor Universitas Latansa.
  2. Dr. H. Solemansyur selaku Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  3. Dr. Ultha selaku ketua jurusan pendidikan kimia yang telah memberikan support kepada kami
  4. Bapak Mansyur, M. Pd sebagai pembimbing KKN Kelompok 1
  5. Masyarakat desa Rimbo bujang yang senantiasa berpartisipasi aktif dalam semua agenda kami.
  6. Seluruh jajaran pemerintahan desai sumbersari yang membimbing kami.
  7. Seluruh pihak yang telah membantu suksesnya agenda KKN 2020 hingga pengusunan laporan KKN ini

Semua laporan Kegiatan KKN ini disusun berdasarkan apa yang sudah kami kerjakan selama masa KKN di Desa Sumbersari selama 60 hari. KKN ini adalah bagian dari Penerapan Tri Darma Perguruan Tinggi. Kegiatan ini menjadi salah satu syarat kelulusan bagi mahasiswa Sarjana.

Di dalam menyusun dan merancang laporan ini, kami menyadari sepenuhnya bahwa laporan ini belum sempurna dan memiliki banyak kekurangan. Oleh karenanya, berbagai bentuk kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan. Semoga laporan ini bermanfaat khususnya bagi para pembaca.

Jambi, 12 Mei 2020

Penulis

Contoh Kata Pengantar Proposal

Kata Pengantar

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmat-Nyalah sehingga penulis dapat menyelesaikan proposal yang berjudul “ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA” tepat pada waktunya.

Adapun tujuan dari penulisan proposal ini adalah sebagai syarat untuk menyelesaikan studi sarjana saya Universitas Jambi.

Pada kesempatan ini, penulis menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan sehingga proposal ini dapat selesai. Ucapan terima kasih ini penulis tujukan kepada:

  1. Bapak Rahmat, SE, Msi, Akt selaku Dosen yang telah mendidik dan memberikan bimbingan.
  2. Kepala Sekolah SMAN 2 Tebo dan seluruh staff tata usaha atas kesempatan dan bantuan yang diberikan kepada penulis dalam melakukan penelitian dan memperoleh informasi yang diperlukan selama penulisan proposal penelitian ini.
  3. Ayah dan ibu serta adikku yang telah memberikan doa.
  4. Teman-temanku kelas yang telah berjuang bersama-sama dalam proses penelitian dan pengambilan data.

Dalam Proposal ini, penulis menyadari bahwa masih ada kekurangan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca guna menyempurnakan segala kekurangan dalam penyusunan proposal penelitian ini.

Akhir kata, penulis berharap semoga proposal ini berguna bagi para pembaca dan pihak-pihak lain.

Jambi, 06 Juli 2021

Penulis

Contoh Kata Pengantar Skripsi

Kata Pengantar

Alhamdulillah segala puji dan syukur kami panjatkan atas kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan hidayah-Nya penyusunan skripsi yang berjudul “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK PADA MATERI LAJU REAKSI TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA” ini dapat diselesaikan guna memenuhi salah satu persyaratan dalam menyelesaikan pendidikan pada Jurusan Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan Universitas Jambi.

Banyak hambatan yang penulis dihadapi dalam penyusunan Skripsi ini, namun berkat kehendak-Nyalah sehingga penulis berhasil menyelesaikan skripsi ini tepat waktu. Oleh karena itu pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada:

  1. Kedua orang tua yang senantiasi memberikan kasih sayang dan dukungan kepada penulis.
  2. Kepada Prof. Dr. Rahmat Solaemansyur, M.Si., Ph.D selaku pembimbing I dan Ibuk Ultha Windara ,SE.MSM selaku pembimbing II. Terima kasih atas segala bimbingan dan ilmu-ilmu baru yang bermanfaat bagi penulis.
  3. Segenap dosen pengajar pada Fakultas Keguruan Universitas Jambi telah mengajar dengan sabar dan ramah.
  4. Segenap staf pegawai Fakultas Ekonomi yang telah banyak membantu penulis selama ini.
  5. Seluruh teman-teman angkatan 2015 Kimia.

Akhir kata, penulis mengharapkan skripsi ini dapat memberikan manfaat.

Makassar, Mei 2012

Odading Mang Oleh

Contoh Kata Pengantar Karya ilmiah

KATA PENGANTAR

Puji syukur pada Allah SWT yang telah memberikan kami kemudahan untuk dapat menyelesaikan karya ilmiah berjudul “Peranan Nanas Sebagia Pelunak Daging” ini sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Tujuan dari penyusunan karya ilmiah ini adalah untuk melengkapi tugas Mata Kuliah Biokimia yang diempu oleh Ibuk Wiwik. Penulis mengucapkan terima kasih atas bimbingan dan saran beliau, sehingga penulis dapat menyelesaikan karya imiah ini.

Dalam karya ilmiah ini kami memaparkan bagaimana nanas dapat melunkan daging sapi dengan penjelasan dari umum ke khusus mulai dari protein sampai enzim dalam buah nanas.

Kami menyadari bahwa karya ilmiah ini masih sangat jauh dari kata sempurna. Maka dari itu kritik dan saran sangatlah berarti bagi kami. Akhir kata penulis mengucapkan mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan. Sekian dan terima kasih.

Jambi, 10 September 2020

Penyusun

Contoh Kata Pengantar penelitian

Kata Pengantar

Puji syukur penulis panjatkan pada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat-Nya yang berlimpah sehingga dalam penyusunan laporan penelitian ini tidak ada kendala apapun dan dapat diselesaikan tepat pada waktunya.

Dengan keterbatasan ilmu yang penulis miliki sehingga dalam membuat riset cukup banyak hambatan saat terjun di lapangan. Akhirnya penelitian ini bisa diselesaikan dengan baik karena bantuan dan dukungan dari banyak pihak terkait.

Untuk itu, penulis sampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu. Diantaranya :

1. Dr. Rahmat Solemansyur selaku dosen pembimbing yang telah banyak meluangkan waktunya untuk membimbing penulis.
2. Bapak Odading selaku pembimbing selama kegiatan penelitian ini berlangsung.
3. Orang Tua, ayah dan ibu, adik dan kakak yang sudah mendukung dan memberi semangat.

Penulis hanya dapat memberikan doa dan rasa terima kasih yang tulus kepada para pendukung. Selanjutnya saran atau kritik dari para pembaca sangat diharapkan oleh penulis. Besar harapan penulis laporan penelitian ini bermanfaat bagi siapa saja yang membaca dan menambah pengetahuan bagi kita semua.

Aceh, 05 Juli 2020


Penulis

Kesimpulan

Sesuai Pengertiannya, kata pengantar berfungsi mengantarkan para pembaca untuk memahami seperti apa karya tulis yang kamu buat.

Dengan membaca berbagai contoh kata pengantar di atas, kami harapkan kamu sudah bisa membuat kata pengantar yang baik dan benar untuk karya tulis yang sedang kamu buat.

FAQ

Apa Itu Kata Pengantar?

Kata pengantar adalah halaman atau bagian pada sebuah karya ilmiah ataupun populer yang berisikan ucapan syukur dan rasa terima kasih penulis. Biasanya, kata pengantar selalu diletakan pada bagian awal makalah.

Apa Tujuan Penulisan Kata Pengantar?

Peletakan itu bertujuan agar pembaca mengetahui bahwa dalam menyelesaikan makalah tersebut, penulis atau tim penyusunnya telah melalui banyak hal dan ada pula beberapa pihak yang membantu penyusunan makalah tersebut.

Apa Saja Struktur Kata Pengantar?

Struktur kata pengantar terbagi menjadi tiga bagian, yakni pembukaan, isi, dan penutup. Masing-masing bagian memiliki fungsi dan ciri khas tersendiri.

Nilai Kualitas Artikel

Leave a Comment