Fungsi Plasma Darah dan Komposisinya Lengkap

Fungsi Plasma Darah dan Komposisinya Lengkap – Setiap makhluk hidup memiliki cairan di dalam tubuhnya yang sering dikenal sebagai darah. Darah memiliki fungsi utama untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh.

Komponen darah khususnya manusia terdiri atas 4 jenis yaitu sel darah merah sel darah putih trombosit dan plasma darah.

Plasma darah mencakup 55 sampai 66% dari komponen darah itu sendiri. Plasma darah  memiliki bentuk cairan.

Adapun komposisi dan fungsi plasma darah bisa kamu simak di dalam ulasan di bawah ini:

Komposisi Plasma Darah

Plasma darah adalah cairan yang memiliki warna kekuningan dimana tugas utamanya adalah membawa sel darah serta nutrisi yang penting bagi tubuh.

Komposisi plasma darah terdiri dari bermacam-macam zat diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Air

air
air

Dalam plasma darah terkandung 90 % air dan 7-10 % zat lainnya. Komponen air sangat penting bagi tubuh manusia karena lebih dari separuh tubuh manusia merupakan cairan air.

Unsur air dalam plasma darah menyebar ke seluruh tubuh dan masuk serta keluar jaringan tubuh.air ini juga melarutkan zat-zat penting dalam tubuh seperti glukosa yang digunakan sebagai sumber energi.

Pada dasarnya, air dalam plasma darah ini juga membuat darah tidak kental. Apabila darah mengental maka distribusi oksigen bagi tubuh ikut terganggu.

Kinerja organ lain terganggu dan menimbulkan penyakit berbahaya. Setiap hari cairan yang dikeluarkan oleh tubuh berkisar 1.5 liter per harinya.

2. Protein

Dalam plasma darah kandungan protein cukup mendominasi ketimbang zat lainnya. Jenis protein dalam plasma darah ialah albumin, globulin, dan fibrinogen.

protein
protein

Albumin merupakan protein terbanyak mencakup 55-60%  dari total keseluruhan protein dalam plasma darah. Albumin memiliki tugas untuk mengangkut zat sisa dan meningkatkan imunitas.

Sementara globulin mencakup 30 % dari total keseluruhan protein plasma darah.  Tugas dari globulin adalah membantu pembentukan antibodi. Fibrinogen merupakan kandungan terkecil dalam protein plasma darah.

Jumlahnya hanya sekitar 4 % saja yang bertugas untuk membentuk anyaman jaringan sel darah untuk menutup luka.

3. Mineral

mineral
mineral

Komposisi mineral dalam plasma darah sendiri berkisar 0.9 %.  Jenis mineral ini beragam namun memiliki fungsi umum untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi kamu.

Selain itu mineral baik untuk sistem saraf serta menjaga keseimbangan asam basa dalam tubuh.

Mineral yang dibutuhkan tubuh terbagi atas dua kelompok yakni makro mineral yang jumlahnya lebih besar.

Jenis kedua yakni mikro mineral yang jumlahnya sedikit. Mikro mineral inilah yang terdapat dalam plasma darah.

4. Senyawa Lainnya

Senyawa Lainnya
Senyawa Lainnya

Selain kandungan diatas plasma darah memiliki senyawa lainnya yang mudah larut dalam jumlah mikro. Senyawa lainnya tersebut berupa ion, gula, asam amino hingga lemak.

Tak hanya itu saja terdapat gas seperti oksigen dan karbondioksida serta zat buangan berupa urea.

Gas utama seperti oksigen dan karbondioksida akan larut dalam plasma darah. Terdapat pula zat sisa dari hasil metabolisme tubuh berupa urea.

Terdapat pula hormon tertentu seperti insulin, tiroksin bahkan hingga kortikosteroid yang disekresikan ke dalam darah.

Fungsi Plasma Darah Secara Umum

Fungsi plasma darah adalah membantu tubuh dalam menyalurkan oksigen serta membantu membuang limbah sisa metabolisme tubuh.

Selain itu terdapat beberapa fungsi darah lainnya yang bisa kamu simak dibawah ini :

1. Penyembuh Luka

Penyembuh Luka
Penyembuh Luka

Fungsi plasma darah dalam luka adalah menghentikan pendarahan hebat pada tubuh jika terjadi cedera.

Ketika terdapat luka maka hal yang wajar bila darah keluar namun menjadi tak wajar bila darah yang keluar terlalu banyak.

Saat terluka plasma darah membantu proses pembekuan darah. Plasma darah yang mendorong proses koagulasi sehingga darah yang keluar tak berlebihan.

Ketika pendarahan terjadi pembuluh darah akan menyempit untuk mengontrol jumlah darah yang keluar.

Tubuh akan merespon dengan mengaktifkan platelet semacam sinyal kimia dalam sel tubuh. Kemudian terjadi helai fibrin untuk menutupi luka tersebut.

Untuk membentuk helai fibrin pembuluh darah perlu mengaktifkan faktor koagulasi. Disinilah peran plasma darah diperlukan sehingga pembekuan darah dapat terjadi.

Luka bisa tertutup dan sembuh dengan sempurna. Tah hanya ginjal plasma darah juga membuang racun yang telah disaring oleh hati.

2. Pengatur Suhu

Pengatur Suhu
Pengatur Suhu

Fungsi plasma darah juga mampu mengatur suhu tubuh kamu. Disini peran dari plasma darah sendiri menyerap maupun melepaskan panas sesuai dengan kebutuhan tubuh  kamu.

Suhu tubuh normal manusia berada pada titik 36-37 derajat celcius. Ketika beraktivitas suhu tubuh akan naik 0.6 derajat sepanjang hari.

Suhu tubuh dikatakan rendah bila berada dibawah 35 derajat celcius. Keadaan ini biasa dikenal dengan hipotermia. Suhu tubuh turun apabila terkena cuaca dingin.

Tubuh akan menggigil dan kesulitan dalam bicara. Sementara suhu tinggi bila diatas 40 derajat celcius. Kondisi ini dikenal dengan hipertermia bisa terjadi karena cuaca panas.

3. Menjaga Keseimbangan Asam Basa

Menjaga Keseimbangan Asam Basa
Menjaga Keseimbangan Asam Basa

Dalam plasma darah terdapat elektrolit yang mampu menjaga keseimbangan asam basa. Elektrolit ini seperti  bikarbonat, klorida, natrium, kalium, dan kalsium.

Gunanya menjaga pH darah seimbang setiap harinya. Apabila kamu kekurangan elektrolit bisa menyebabkan kejang, otot lemah bahkan detak jantung berdetak tak normal.

Kadar asam basa dalam darah normalnya berkisar 7.35-7.45. Jika keseimbangannya terganggu juga akan mempengaruhi kerja paru-paru sehingga kamu akan sulit bernapas.

Komplikasi asam basa juga akan menyebabkan penyakit tulang hingga batu ginjal. Tanpa elektrolit tubuh tidak akan mampu mengirim sinyal ke otak.

4. Pengatur Volume Darah

Pengatur Volume Darah
Pengatur Volume Darah

Fungsi lainnya dari plasma darah adalah mengatur keseimbangan volume darah dalam tubuh.

Kandungan albumin yang terdapat dalam protein dalam plasma darah memiliki kemampuan untuk mendorong pertumbuhan jaringan.

Apabila plasma darah tidak mengandung banyak albumin maka air dalam darah tidak bisa bergerak.

Alhasil tubuh mengalami tekanan sehingga rentan terjadi pembengkakan pada kaki dan tangan.

Selain itu juga mampu meningkatkan tekanan darah dalam tubuh dan membuat jantung bekerja lebih keras.

Kadar normal dalam albumin pada plasma darah seharusnya 3.4-5.4 g/dL.  Albumin ikut berperan dalam mengikat darah hingga memperbaiki jaringan sel yang rusak.

Jika tubuh memiliki albumin yang tinggi maka kamu akan merasa dehidrasi. Jika tubuh kekurangan albumin akan menyebabkan sesak nafas.

 Oleh karenanya penting untuk menjaga keseimbangan albumin dalam tubuh kamu.

5. Penyalur Nutrisi

Penyalur Nutrisi
Penyalur Nutrisi

Fungsi utama dari plasma darah adalah mendistribusikan nutrisi ke seluruh tubuh. Apalagi komposisinya yang lebih besar ketimbang sel darah membuat peran plasma darah penting bagi tubuh.

Nutrisi yang diangkut oleh plasma darah sendiri bisa berupa protein, lipid, asam lemak dan amino, glukosa hingga hormon. Nutrisi ini disebarkan ke sel-sel yang berbeda dalam tubuh kamu.

6. Alat Ekskresi

Alat Ekskresi
Alat Ekskresi

Selain membantu mengedarkan nutrisi peran dari plasma darah juga sebagai alat ekskresi. Maksudnya adalah mengangkut hasil sisa metabolisme tubuh ke ginjal, liver hingga paru-paru.

Plasma darah membantu mengangkut limbah tubuh. Limbah dalam tubuh sendiri diantaranya adalah asam urat, garam amonium dan kreatin.

Limbah tersebut berasal dari sel-sel tubuh yang ada dalam ginjal. Ginjal bertugas menyaring limbah yang dibawa plasma darah.

Setelah disaring limbah akan disaring dari tubuh sebagai urin, keringat maupun feses.

Fungsi Plasma Darah Untuk Pasien Covid

Fungsi Plasma Darah Untuk Pasien Covid
Fungsi Plasma Darah Untuk Pasien Covid

Fungsi plasma darah untuk Covid 19 masih dalam uji klinis. Terapi plasma darah dipertimbangkan untuk mengatasi penyakit Covid 19.

Saat ini prosedur terapi plasma darah sedang dilakukan oleh peneliti asal Washington University School of Medicine dan dilakukan oleh tenaga medis di China.

Sementara di Indonesia sendiri terapi plasma darah didukung oleh Lembaga Biologi Molekuler Eijkman dan Palang Merah Indonesia.

Strategi ini dulunya juga digunakan untuk menangani wabah SARS, Ebola hingga pandemi flu.  Saat terinfeksi virus corona maka tubuh akan memproduksi antibodi untuk melawan virus itu sendiri.

Terapi plasma darah memiliki keunggulan bisa tersedia dari semua donor dan transfusinya bisa dilakukan 36 jam setelah plasma darah terkumpul.

Skema pengobatan terapi plasma darah sendiri adalah dengan mengambil darah pengidap Covid 19 yang sembuh. Plasma darah kemudian disuntikan ke tubuh pengidap Covid 19.

Sebelum disuntikan pengidap tidak diperkenankan untuk mengkonsumsi sembarangan obat atau vitamin. 

Plasma darah yang ditransfusikan akan melawan virus Covid yang masuk dalam tubuh pasien dan meningkatkan imunitas tubuh mereka yang terinfeksi. Biarpun begitu terapi ini masih dalam pengembangan hingga saat ini.

Penyakit yang Disebabkan Plasma Darah

Plasma darah sendiri juga bisa didonorkan melalui donor darah. Darah yang didonorkan bisa dipisahkan plasma darahnya beserta kandungan lainnya.

Donor plasma darah timbul karena terdapat penyakit yang muncul karena fungsi plasma darah terganggu. Penyakit yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Hemofilia

Hemofilia
Hemofilia

Penyakit hemofilia 30 % disebabkan karena faktor genetika yang mana dalam keluarga pasien juga ada yang mengidap penyakit ini. Hemofilia merupakan penyakit yang membuat darah sulit untuk membuka.

Hal ini mengakibatkan penderitanya mengalami pendarahan hebat dibandingkan dengan orang normal.

Ciri dari penyakit hemofilia diantaranya adalah pendarahan pada hidung dan gusi yang sulit berhenti. Mudah sekali mengalami memar dan adanya darah dalam feses.

Untuk menangani penyakit ini dibutuhkan donor plasma darah. Plasma darah sendiri bisa disimpan hingga satu tahun lamanya.

Untuk dapat menjadi donor plasma darah paling tidak kamu harus berusia 18 tahun. Berat tubuh bagi laki-laki 55 kg dan perempuan minimal 60 kg. Kadar HB juga harus sebesar 13-17 gr/% dan tekanan darah berkisar 110-150 mmHg.

2. Von Willebrand

Von Willebrand
Von Willebrand

Penyakit ini merupakan gangguan plasma darah sehingga tidak mampu menjalankan fungsinya sebagaimana mestinya. Kasus Von Willebrand juga paling banyak disebabkan karena faktor keturunan.

Gejalanya bisa berupa pendarahan berat ketika menjalani operasi maupun cedera. Hingga saat ini belum ada obat yang pasti untuk menyembuhkan penyakit ini.

Untuk menjaga kesehatan tubuh apalagi menjaga fungsi plasma darah kamu bisa memulai dengan mengkonsumsi banyak air putih.

Paling tidak sehari kamu harus mengkonsumsi 8 gelas air putih. Hal ini membuat tubuh terhindar dari dehidrasi. Konsumsi makanan sehat seperti sayuran hijau, susu dan ikan. Hindari konsumsi junk food.

Itulah tadi beberapa fungsi plasma darah baik secara umum maupun untuk pasien Covid 19.

Kamu juga bisa mengenali komposisi dan penyakit apa saja yang umumnya menyerang plasma darah serta pengaruhnya pada pasien covid 19.

Daftar Pustaka

  • ardra.biz /topik/kandungan -plasma-darah/
  • www.tribunnewswiki.com/ 2020/04 /23/plasma -darah-blood-plasma
  • www.kelaspintar.id/ blog/tips- pintar/cari- tahu-lebih- jauh-tentang-plasma- darah-dan- fungsinya- bagi-tubuh-4468/#:~: text= Untuk% 20lebih% 20jelasnya %2C%20berikut %20ini, Membuang% 20limbah% 20melalui % 20alat% 20ekskresi.
  • www.aetra.co.id/ sahabat_aetra /detail /58/Air-dan- Tubuh- Manusia
  • brainly.co.id/ tugas/ 3617303
  • www.halodoc.com/ artikel/ terapi-plasma-darah -untuk -atasi- virus-corona
  • www.sehatq.com/ artikel/ apa-itu- plasma-darah-dan -apa-fungsinya
  • www.cnnindonesia.com/ gaya-hidup /20200428115 108-255-497989/ mengenal-terapi -plasma-darah -harapan- baru-pasien -corona
  • www.klikdokter.com/ info-sehat/ read/3526480/ fakta-yang- perlu-anda-tahu-tentang- donor- plasma
  • parenting.orami.co.id/ magazine /proses- pembekuan-darah/
  • www.sehatq.com/ artikel/apa-itu- plasma-darah- dan-apa- fungsinya
  • www.alodokter.com/ memahami-suhu- tubuh
  • hot.liputan6.com/read /3932046/ 5-fungsi-plasma -darah- tak-kalah-penting- dari-sel- darah-lain

Nilai Kualitas Artikel

Leave a Comment