Simbol Peringatan Bahaya di Laboratorium

  • Whatsapp
Simbol Peringatan Bahaya GHS
Simbol Peringatan Bahaya GHS Hazard Pictograms dan Simbol Lama

Simbol peringatan bahaya adalah alat komunikasi keselamatan yang membantu menunjukkan berbagai bahaya yang ada di laboratorium – Saat melakukan kegiatan praktikum di laboratorium, baik itu di laboratorium kimia, fisika, atau biologi serta analisis kesehatan, banyak hal tak terduga yang dapat terjadi. Seperti terkena zat yang berbahaya, salah menempatkan zat, salah mencampur zat, salah mengoprasikan alat, terhirup zat berbahaya, dan masih banyak lagi. Untuk itu perlu bagi para praktikum meningkatkan kewasapadaannya di laboratorium, memperhatikan prinsip dari K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja), serta mengenali simbol tanda bahaya di laboratorium.

Data yang diberikan oleh OSHA (Occupational Safety and Health Administration) membuktikan bahwa hampir 10.000 kasus kecelakaan (accident) terjadi di laboratorium penelitian, yang melukai 2 dari 100 ilmuan.

Terkadang yang terjadi dilapangan, praktikan telah menggunakan perlengkapan keselamatan saat dilaboratorium. Namun, hal itu belum cukup karena praktikan wajib mengenal dan mengetahui simbol peringatan bahaya di laboratorium, yang merupakan bagian dari labsafety dan membantu banyak ketika praktikan bekerja di laboratorium. Peringatan ini bertujuan untuk memberi informasi yang dibutuhkan ketika di laboratorium dan menggunakan bahan-bahan praktikum secara aman.

Menurut Hill dan Finster (2010), peringatan juga digunakan untuk mempengaruhi perilaku. Sebuah peringatan pada bahan kimia yang bertuliskan ” BERACUN, Berbahaya Jika Terhirup”, bisa diartikan bahwa anda harus berhati-hati terhadap efek yang bisa ditimbulkan oleh bahan tersebut apabila kontak dengan saluran pernafasan. Secara tidak langsung peringatan tersebut menginstruksikan pengguna untuk memakai peralatan pelindung saat bekerja dengan beberapa zat beracun.

Semua bahan kimia berbahaya baik yang digunakan dalam produksi maupun yang ada di gudang penyimpanan wajib memiliki MSDS. Pada standar nasional, perihal MSDS ini tercantum dalam peraturan seperti Kepmenaker No. Kep. 187/ MEN/ 1999, PP No. 74 Tahun 2001, dan Peraturan Menteri Perindustrian RI No. 87/ M-IND/ PER/ 9/2009.

Apa itu MSDS pada simbol peringatan bahaya?

MSDS (Material Safety Data Sheet) atau LDKB (Lembar Data Keselamatan Bahan) merupakan lembar petunjuk yang berisi informasi bahan kimia meliputi sifat fisika, kimia, jenis bahaya yang ditimbulkan, cara penanganan, tindakan khusus dalam keadaan darurat dan informasi lain yang diperlukan.

Apa saja yang terkandung dalam MSDS?

MSDS sendiri memuat informasi tentang :
1. Informasi umum tentang bahan.
2. Informasi Komponen Berbahaya.
3. Reaktivitas Bahan.
4. Sifat Mudah terbakarnya bahan.
5. Sifat Fisika Bahan.
6. Sifat Kimia Bahan.
7. Dampak Kesehatan.
8. Pertolongan Pertama.
9. Penyimpanan.

Apa itu GHS pada simbol peringatan bahaya?

GHS (Globally Harmonized System adalah penanda yang digunakan untuk menunjukkan jenis bahaya selama penggunaan, penyimpanan atau pengangkutan bahan kimia material tersebut.

Bahan kimia dalam unsur dan senyawa tertentu memang bukan lah barang mainan. Ada kalanya senyawa kimia dapat beracun juga bagi kesehatan tubuh manusia. Dalam tingkat kebahayaannya, setiap senyawa ataupun unsur kimia di tunjukkan dalam MSDS. MSDS ini merupakan hal yang wajib dipelajari sebelum laboran berkutat dengan senyawa- senyawa di laboratorium.

Simbol pencegahan bahaya bisa mengkomunikasikan pesan dengan cepat dan mengatasi hambatan bahasa. Hal ini bertujuan untuk menciptakan peringatan efektif yang dapat melindungi para pengguna bahan kimia dengan lebih baik. Pada tahun 2015, perubahan besar terjadi pada label bahan kimia dan SDS secara global. Ada bahasa baru dari simbol pencegahan bahaya yang harus dipahami oleh para pengguna bahan kimia. Beberapa produsen bahan kimia telah mengeluarkan jenis simbol baru untuk pencegahan bahaya. Hal ini sebagai implikasi dari telah diadopsinya regulasi GHS (Globally Harmonized System) di beberapa negara Uni Eropa dan Amerika Serikat.

Tujuan awalnya adalah untuk memulai implementasi GHS di seluruh dunia pada tahun 2008. Implementasi GHS mungkin tidak lengkap sampai tahun 2015 karena diperlukan adaptasi dan penyiapan regulasi di beberapa negara produsen bahan kimia. Di Amerika Serikat, OSHA (Lembaga Keselamatan dan Kesehatan Kerja AS) menetapkan tenggat waktu Juni 2015 kepada produsen kimia untuk menggunakan label yang sesuai dengan GHS, yang diikuti oleh tenggat waktu untuk distributor pada Desember 2015, dan batas akhir Juni 2016 untuk pengguna akhir (termasuk lembaga pendidikan) (Connecticut High School Science Safety, 2017).

Di Eropa, penggunaaan Hazard symbols sebelumnya telah diganti melalui regulasi-GHS menjadi Hazard pictograms. Penggunaan Hazard pictogram ini secara efektif diberlakukan mulai 1 juni 2015 (European Commision, 2017).

Simbol Peringatan Bahaya GHS Hazard Pictogram dan Simbol Lama

Simbol bahaya mudah meledak dan korosif
simbol bahaya Mudah terbakar dan berbahaya
Simbol Bahaya
Simbol bahay gas beracun dan berbahaya bagi lingkungan

Simbol menjadi cara manusia menyederhanakan makna dalam kehidupan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *